68 Persen Responden Tak Setuju Jokowi Dicap Presiden Boneka

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

POJOKSATU – Hasil survei yang dilakukan Cyrus Network menunjukkan mayoritas publik menganggap Kabinet Kerja yang disusun Presiden Joko Widodo dipengaruhi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“83 persen Megawati punya pengaruh terhadap Jokowi dalam menentukan kabinet,” ujar Direktur Eksekutif Cyrus Network, Hasan Nasbi saat memaparkan survei “Pemerintahan Jokowi-JK” di Jakarta Selatan, Minggu (21/12).

Namun demikian kata Hasan, hasil survei lembaganya juga menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat masih menilai positif dan wajar adanya pengaruh Megawati terhadap Jokowi tersebut. Publik menganggap Jokowi bukanlah presiden boneka.

“Sebanyak 68 persen responden menyatakan tidak setuju jika dikatakan Jokowi adalah presiden boneka. Yang setuju Jokowi presiden boneka hanya 21.8 persen, sisanya 10.2 persen menyatakan tidak tahu,” beber Hasan.


Survei Cyrus Network kali ini dilakukan pada 1 hingga 7 Desember dengan jumlah 1.220 orang responden dan dilakukan di 33 provinsi secara nasional.

Survei dilakukan lembaga survei yang dekat dengan nama Menteri PPN/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago ini dengan metode wawancara tatap muka dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error kurang lebih 3.1 persen. (rmo/jpnn)