Stasiun Bogor Juga Diancam Bom

SMS ISIS ancam bom mal di Bogor
SMS  ISIS ancam bom mal dan Stasiun Bogor
SMS ISIS ancam bom mal di Bogor

POJOKSATU – Selain mengancam meledakkan Botani Square dan Mall BTM, Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) juga mengancam akan mengebom Stasiun Bogor. Radar Bogor (Grup Pojoksatu.id), menerima SMS berisikan ancaman bom, Rabu (17/12/2014.

Kelompok radikal itu berniat melakukan pengeboman di Stasiun Bogor, pada saat perayaan Tahun Baru. “Radar Bogor saya dari jaringan ISIS di Bogor nanti pada tahun baru akan ada boom di tiga keramaian, di Botani, BTM dan di Stasiun Bogor,” begitulah isi pesan yang dikirim oleh pengguna ponsel dengan nomor 083877190619.

IT Radar Bogor pun mencoba melacak nomor tersebut kemarin. Nomor tidak aktif pada siang hari. Pada malam hari nomor tersebut aktif beberapa saat. Namun kemudian panggilan itu dialihkan ke panggilan tunggu.

Pengamat Terorisme Al Chaidar menilai, ancaman dari SMS itu memunculkan dua kemungkinan. Kemungkinan pertama adalah ancaman itu hanya hoax (pesan kosong,red) atau merupakan ´unjuk kekuatan´kelompok terororis. Apalagi melihat teritori Bogor yang merupakan basis kelompok teroris, khususnya kelompok Abu Umar.


Kemungkinan kedua bisa saja ancaman bom itu terkait agenda tahun natal dan tahun baru. “Selama ini saya melihat ancaman bom di Bogor sangat berhubungan dengan kelompok Abu Umar. Namun karena bom ini ada embel-embel ISIS, peneror nampaknya memanfaatkan kasus penyanderaan warga Australia guna menakuti-nakuti warga asing yang ada di Bogor,” ujarnya kepada wartawan koran ini.

Namun, menurut dia, kecenderungan adanya upaya pamer kekuatan kelompok teroris tetap ada, sebab kelompok ini biasanya langsung bergerak ketika sudah mempunyai bahan. Namun saya meliahat, biasanya teror ini hanya berupa gangguan keamanan,” katanya. (ind/azi/mer)