Puting Beliung Sapu Bandung, 200 Warga Mengungsi di Masjid

ilustrasi angin puting beliung, rumah roboh, rumah hancur, rumah runtuh, longsor, badai angin
ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU – Hujan deras disertai angin kencang menerjang wilayah Kota Bandung, Kamis (18/12/2014). Sejumlah pohon tumbang, dan puluhan rumah rusak parah.

Hingga kini beberapa titik jalanan di Kota Bandung masih macet. Meski polisi sejak Maghrib sudah menerjunkan personel, kemecatan belum bisa langsung terurai. Apalagi hujan yang cukup lama membuat sebagian jalanan di Bandung banjir.

Sementara itu, sebanyak 200 warga di Kecamatan Cinambo, Kota Bandung terpaksa mengungsi di Masjid Nurul Iman yang berlokasi di Kawasan Cinambo Indah. Mereka mengungsi karena rumahnya rusak akibat terjangan angin puting beliung yang melanda Bandung Timur sore tadi.

Berdasarkan data dari Kecamatan Cinambo, ada sekitar 60 rumah yang rusak berat. “Tadi saya sudah keliling lapangan ada 60 rumah yang rusak berat. Pohon dua yang tumbang dan satu tiang listrik, tapi belum dievakuasi karena malam hari. Tapi untuk sementara listrik sudah dipadamkan,” ujar Camat Cinambo, Rina.


Selain rumah warga, dua pabrik di kawasan tersebut juga rusak parah. Menurut Rina, atap pabrik tersebut beterbangan hingga menimpa rumah warga.

“Pabrik Bintang Agung dan Lewe rusak parah. Puing-puing atap pabrik terbang ke rumah penduduk,” terangnya.

Akibat peristiwa tersebut, sebanyak 200 orang warga terpaksa menginap di Masjid Nurul Iman di RW 5 Cinambo Indah. Di lokasi tersebut dibangun dapur darurat untuk warga.

“Ada 200 orang warga yang mengugsi. Sekarang saya sedang membuat dapur umum dulu untuk memasak mi, nasi dan ikan sarden untuk makan warga,” tutur Rina.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman (Distankam) Kota Bandung Arief Prasetya mengatakan, dari laporan yang diterimanya, pohon tumbang terjadi di sembilan titik. Di antaranya, Jalan Cibatu daerah Antapani, Jalan Ibrahim Adjie, Jalan Mekarmulya, Jalan Rumah Sakit, Jalan Panghegar, Jalan Cisaranten Wetan, Jalan Soekarno Hatta, dan Jalan Jaksa (Cipadung).

“Yang di Ibrahim Adjie, pohonnya menimpa pengendara motor yang sedang melintasi jalan itu. Korban dilaporkan mengalami luka ringan dan bisa melanjutkan perjalanan,” ujar Arief. (one)