Menteri Susi Mencari Nakhoda

Menteri Susi Pudjiastuti
Menteri Susi Pudjiastuti

074345_56846_Susi_Pudjiastuti_DPD_dl

POJOKSATU – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti melihat banyak sumber daya manusia (SDM) lokal yang berkualitas di Indonesia untuk menakhodai kapal, salah satunya di Sinjai, Sulawesi Selatan.

Ia menyesalkan selama ini banyak kapal asing yang justru dinahkodai dari SDM Sinjai. “Kapal-kapal asing banyak yang dinahkodai oleh anak dari Sinjai,” ungkap Susi di Bentara Budaya Jakarta, Rabu (17/12).

Tak mau kehilangan SDM yang mumpuni, Susi lantas meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Sinjai untuk mencetak 100 pelaut ulung per tahunnya. Menurutnya, Indonesia harus benar-benar memanfaatkan potensi laut dengan SDM lokal yang berkualitas.


Pemilik maskapai Susi Air ini mengaku telah berkunjung ke Sinjai. Upaya ini juga disiapkan agar laut di Indonesia terbebas dari SDM asing dan mereka bisa bekerja memajukan Indonesia. Wanita yang tak suka dandan ini juga tak segan untuk menyekolahkan mereka hingga luar negeri.

“Kemarin saya ke Sinjai untuk mencarikan nakhoda yang andal, kalau perlu kita sekolahkan mereka ke luar negeri,” tandas Susi. (chi/jpnn)