Pasek Tegaskan Ingin Lawan SBY

I Gede Pasek Suardika
I Gede Pasek Suardika
I Gede Pasek Suardika

Kader partai Demokrat I Gede Pasek Suardika menegaskan niatnya untuk ingin maju sebagai calon ketua umum berkompetisi dengan petahana Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak main-main. Salah satu tujuannya untuk menghilangkan kesan bahwa Demokrat partai keluarga. Ini terkait ketum dan sekjen PD merupakan bapak dan anak.

Menurutnya, keinginan untuk bertarung di kongres PD karena ada upaya aklamasi yang dilakukan oleh SBY. Pasek menilai, itu tidak demokratis.

“Saya maju atas desakan teman-teman yang ingin lahirkan Partai Demokrat untuk maju. Demokrat milik semua, tidak dimonopoli satu keluarga. Kesan itu harus dihilangkan. Partai ini semangatnya kekeluargaan, tapi bukan partai keluarga,” katanya.

Senator asal Bali ini menghormati suara-suara sumbang dari kader maupun poiltikus PD yang mengkritiknya. Seperti Ruhut Sitompul, Ramadhan Pohan maupun Didi Irawadi.


“Saya ucapkan terima kasih karena semakin jelas warna perbedaaan karakter di Demokrat. Tapi ketiganya tolong hormati juga hak kader untuk maju,”

Kepada para koleganya itu, Pasek mengingatkan bahwa mereka sama-sama ikut mengesahkan UU Pemilu ketika masih di DPR. Ini terkait komentar mereka bahwa Pasek selaku anggota DPD tidak bisa mencalonkan diri sebagai ketum PD.

“Khusus Ruhut, Didi, Ramadhan Pohan, baca baik-baik undang-undangnya, jangan sampai malu di depan masyarakat dengan komentar-komentarnya. Kalau 2004, DPD harus independen. 2009 dan 2014 jalur perseorang jadi anggota DPD, bisa dari parpol, bisa dari PNS, swasta dan sebagainya,” tandasnya.(fat/jpnn)