Ketua MPR Terseret Suap Alih Fungsi Lahan

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Foto: Dokumen JPNN.com/pojoksatu.id
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Foto: Dokumen JPNN.com/pojoksatu.id
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Foto: Dokumen JPNN.com/pojoksatu.id

POJOKSATU – Kasus dugaan suap pengajuan revisi alih fungsi hutan di Provinsi Riau menyeret nama Ketua MPR, Zulkifli Hasan. Mantan Menteri Kehutanan itu disebut dalam sidang perdana Gulat Medali Emas Manurung.

“Zulkifli Hasan memberi centang persetujuan terhadap sebagian kawasan yang diajukan dalam surat tersebut,” ujar jaksa penuntut umum dari KPK, Ikhsan Fernandi, di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (15/12).

Politisi PAN iu disebut menyetujui alih fungsi sebagian kawasan hutan yang diajukan Gubernur Riau nonaktif Annas Maamun. “Pengambilan keputusan itu kan berjenjang, kita lihat siapa yang paling bertanggung jawab,” kata Ketua KPK Abraham Samad.

Samad mengatakan, KPK akan mendalami setiap pejabat yang diduga menyalahgunakan kekuasaan berdasarkan kewenangan yang dimiliki. Sebab, kata dia, pemberian izin dalam konteks kasus yang menjerat Gubernur Riau nonaktif Annas Maamun itu berjenjang.


Pria asal Makassar itu menambahkan, KPK tidak bisa terburu-buru memutuskan seseorang terlibat hanya dari dakwaan orang lain. Perlu minimal dua alat bukti yang kuat untuk menetapkan seseorang menjadi tersangka dalam suatu kasus.

“Jadi kita tidak bisa sedini mungkin, seprematur mungkin, tiba-tiba mengatakan bahwa (mantan) menteri kehutanan terlibat,” ujarnya.
(one)