Yuddy Minta ASN Melek Teknologi

Menpan RB, Yuddy Chrisnandi
Menpan RB, Yuddy ChrisnandiYuddy Chrisnandi
Yuddy Chrisnandi
Yuddy Chrisnandi

POJOKSATU– Penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia akan diarahkan ke sistem yang lebih melayani dan melibatkan partisipasi masyarakat.

Selain itu struktur organisasinya terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kompeten dan kompetitif, manajemen kepegawainnya dijalankan dengan efektif dan efisien, terbuka serta berbasis Information technology (IT).

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi saat menjadi pembicara dengan topik “Indonesian Civil Service Reform” di Busan, Korea Selatan.

“Sistem tersebut akan dilaksanakan untuk mewujudkan tiga tujuan utama yaitu pemerintahan yang bebas korupsi, pemerintahan yang akuntabel dan berkinerja tinggi, dan pelayanan publik yang prima,” kata Yuddy dalam siaran pers yang diterima JPNN, Sabtu (13/12)..


Penggunaan IT dalam pelaksanaan sistem pemerintah di Indonesia akan mendorong afisiensi anggaran dan pelayanan publik serba cepat. Itu sebabnya ASN harus mengubah mentalnya dan meningkatkan kualitas. ASN juga diharapkan lebih melek teknologi. Ini sesuai semangat revolusi mental yang menjadi program utama Presiden Joko Widodo.

“Revolusi mental dalam birokrasi dapat diartikan sebagai perubahan mindset dan culture-set dari birokrasi yang dilayani menjadi melayani, dari duduk bersandar dan bermalas-malasan menjadi birokrasi yang pro aktif, dari priyayi menjadi pelayan,” terangnya. (esy/jpnn)