Pemda Wacanakan Bangun Jalan Tol di Jatiuwung

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. Foto: Indopos/jpnn
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. Foto: Indopos/jpnn
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. Foto: Indopos/JPNN

POJOKSATU – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mewacanakan membangun jalan Tol Jatiuwung.

Rencana ini pun sudah mulai dibicarakan dengan Pemkab Tangerang karena berdekatan dengan batas wilayah Kabupaten Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, jalan tol itu nantinya akan terletak di kawasan Gandasari, Jatiuwung. Pembangunan diharapkan dapat mengurai kemacetan di Pintu Tol Bitung.

Rencana pembangunan pintu Tol Jatiuwung juga sudah disampaikan kepada Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar. ”Pintu Tol itu nanti berada di perbatasan Kota dan Kabupaten Tangerang. Sudah dibicarakan dengan Pemkab Tangerang dan responya positif,” ujar Arief.


Masih menurut Arief, saat ini kondisi pintu Tol Bitung kerap mengalami kemacetan karena kendaraan milik perusahaan yang menuju kawasan industri Manis dan Jatake keluar dari pintu tersebut.

Rencananya pintu tol Jatiuwung akan menjadi akses keluar masuk kendaraan perusahaan di kawasan Industri Manis, Kota Tangerang. Termasuk juga dari kawasan Kabupaten Tangerang. ”Masih akan dibicarakan terus. Nanti akan diajak juga pengelola jalan tol untuk mebahas wacana ini,” ujarnya.

Terpisah, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan menyambut baik segala rencana positif terkait dengan pengembangan wilayah. Bahkan Pemkab Tangerang, saat ini sedang melakukan pendataan perusahaan-perusahaan di Tangerang. Ini berkaitan dengan ajakan kepada para perusahaan untuk menyediakan akses jalan yang memadai.

Bahkan Zaki juga berpandangan harus ada pintu Tol khusus yang terhubung langsung dengan kawasan Industri yang ada di Kabupaten Tangerang khususnya pergudangan.

”Pemkab Tangerang juga sedang memikirkan bagaimana ada pintu tol yang langsung menuju kawasan pabrik di Kabupaten Tangerang. Jadi truk-truk besar menuju perusahaan langsung terkoneksi dengan adanya pintu tol tersebut,”  ujarnya. (fin)