Menteri Jonan Berambisi Kalahkan Bupati Banyuwangi

Menhub Jonan Sebut Kepala Bandara Goblok. Foto JPNN.com
Menhub Jonan Sebut Kepala Bandara Goblok. Foto JPNN.com

POJOKSATU – Menteri Perhubungan (Menhub), Ignasius Jonan pamer baru mendapatkan penghargaan Marketeer Of The Year (MOTY) 2014 dari Markplus Conference 2015. Penghargaan itu ia dapat saat memimpin PT Kereta Api Indonesia. Tahun depan, ia berambisi untuk mendapatkan penghargaan yang sama sebagai menteri perhubungan.

Secara blak-blakan, ia berkeinginan merebut penghargaan tersebut dari segi sektor pemerintahan, yang tahun ini diperoleh oleh Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

“Saya tadi dapat penghargaan dari Markplus, saya dapat Marketeer Of The Year 2014. Saya memperoleh itu karena tugas saya di KAI. Satu hari nanti saya akan balik lagi (dapat penghargaan) sebagai menteri perhubungan. Tahun ini yang dapat sektor pemerintah, bupati Banyuwangi. Saya akan kembali mewakili perhubungan,” ujar Jonan optimis di kantornya, Jakarta, Kamis (11/12).

Menyoal penghargaan, ia juga berencana akan membuat penghargaan baru di Kemenhub, yakni mengenai tingkat keamanan. Diharapkan penghargaan itu bisa memacu seluruh sektor transportasi untuk meningkatkan faktor keselamatan.


“Ada satu lagi penghargaan yang akan saya ciptakan, adalah award tentang safety, menurut saya ini penting sekali, karena operator punya kecendrungan untuk menomor dua kan safety. Kalau buat saya, masalah safety nggak bisa buat main-main. Safety itu nomor satu. Kalau ini dijalankan pasti akan seru,” duganya.

Nantinya bagi sektor transportasi yang jadi pemenang, akan diberikan kemudahan untuk mendapatkan izin beroperasi, sebaliknya bagi mereka yang mempunyai tingkat keselamatan rendah bisa terancam dicabut izinnya. Namun, konsekuensi itu belum dipatenkan oleh Jonan.

“Tiga transportasi terburuk apa nanti dicabut izinnya, atau misalnya tiga terbaik dikasih izin seumur hidup. Nanti kita bicarakan lagi. Karena setiap kecelakaan pasti meninggalkan kenangan buruk bagi yang terlibat ataupun bagi keluarganya, makanya award safety ini akan kita buat tahun depan,” tutur Jonan. (chi/jpnn)