Mayoritas Pendukung Prabowo Puas dengan Hasil Pilpr

Prabowo Subianto
Prabowo Subianto
Prabowo Subianto

POJOKSATU – Hasil jajak pendapat yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) bekerja sama dengan International Foundation for Electoral System (IFES) Indonesia memerlihatkan 76 persen masyarakat di tanah air puas dengan pelaksanaan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden pada 9 Juli lalu. Pihak yang puas bukan hanya dari pendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) yang memenangi pilpres, namun juga dari pemilih pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

“Populasi utama menyatakan kepuasan mereka terhadap proses pemilihan secara keseluruhan, baik dalam kalangan pemilih Jokowi maupun pemilih Prabowo,” ujar Program Officer IFES Indonesia, Sandra Nahdar du Jakarta, Rabu (10/12).

Menurutnya, khusus pemilih Jokowi, 82 persen di antaranya mengaku puas. Sedangkan 13persen lainnya mengaku sangat puas dan hanya 3 persen saja yang tidak puas. Sementara dari pemilih Prabowo, 66 persen merasa puas, 9 persen sangat puas dan 22 persen tidak puas.

Selain itu, 85 persen pemilih menyatakan puas terhadap penyelenggaraan pemilu anggota legislatif DPR, DPD dan DPRD. Alasan mereka, pemilu telah berlangsung bebas dan adil. Sementara 12 persen menyatakan pemilihan berjalan tidak adil dan tidak bebas.


Survei dilakukan terhadap 2.000 responden yang mewakili pemilih berusia 17 tahun ke atas. Survei itu dilakukan selama periode 25 Oktober hingga 3 November lalu di 34 provinsi di Indonesia, dengan ‘over sampling’ 540 orang di Provinsi Aceh, Maluku, Papua dan Papua Barat.

Survei dengan angka margin of error 2,1 persen ITU bertujuan mengetahui pendapat masyarakat Indonesia terhadap proses pemilu, institusi terkait pemilu, pandangan selama berlangsungnya pemilu, serta pemikiran mereka terhadap situasi terkini di tanah Air selama tahun pemilu 2014.(gir/jpnn)