Ketua MPR Tiongkok Singgung Jokowi

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Foto: Dokumen JPNN.com/pojoksatu.id
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Foto: Dokumen JPNN.com/pojoksatu.id
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Foto: Dokumen JPNN.com/pojoksatu.id

POJOKSATU – Ketua MPR Tiongkok Chen Xiauguang bersama belasan rombongannya menyambangi gedung parlemen untuk bertemu Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Selasa (9/12). Diakui Chen kedatangannya ke Indonesia sebagai tindak lanjut kedatangan Presiden Joko Widodo ke Negeri Tirai Bambu beberapa waktu lalu.

“Kedatangan kali ini melanjutkan kedatangan Presiden Jokowi ke Tiongkok dalam pertemuan APEC,” kata Chen melalui penerjemahnya sebelum mengadakan pertemuan tertutup dengan Zulkifli.

Menurut Chen, Presiden Tiongkok XI Jinping dan Presiden Jokowi dalam pertemuan terpisah dengan forum APEC lalu sudah mencapai kesepakatan untuk menjalin hubungan kerjasama strategis kedua negara.

“Ini akan membantu hubungan kedua negara. Kedua duanya negara besar dan berkembang di Asia. Kami punya kepentingan terhadap Indonesia terutama kemajuan Indonesia-Cina,” jelas Chen.


Pihaknya juga menjelaskan bahwa di Tiongkok, MPR merupakan lembaga penting dalam menjalankan fungsi musyawarah politik dan berjalannya demokrasi. Bahkan, MPR di sana beperan dalam melahirkan banyak kebijakan politik pemerintah.

“Kami tahu Tiongkok memainkan peranan penting dalan hubungan kedua negara. Kami mengharapkan kedua negara bisa berhubungan politik, ekonomi dan sosial,” jelasnya.

Saat itu, Chen juga menyinggung program Presiden Jokowi dalam membangun kawasan maritim nasional, salah satunya dengan pembangunan tol laut.

“Setahu saya Presiden Jokowi sudah mengajukan ide negara yang kuat, tol laut maritim. Saya melihat ide ini sesuai dengan Tiongkok (lewat konsep) jalan sutra maritim abad 21,” tandasnya.(fat/jpnn)