Silat dan Tari Meriahkan Serentaun Bogor

Atraksi silat di acar Serentaun Bogor. Foto Ade/pojoksatu.id
Atraksi silat di acar Serentaun Bogor. Foto Ade/pojoksatu.id
Atraksi silat di acar Serentaun Bogor. Foto Ade/pojoksatu.id

POJOKSATU-Helaran Serentaun 2014 di Kampung Budaya Sindangbarang pada minggu, (07/12) dimeriahkan oleh penampilan kesenian khas Jawa Barat yaitu tarian Jaipong dan kesenian asli Banten Debus. Tentunya kegiatan ini menjadi minat dan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung dari berbagai daerah bahkan ribuan juru foto pun ikut menyaksikan dua kesenian yang cukup menghibur wisatawan ini.

Pupuhu Kampung Budaya Sindangbarang (KBS) Abah Maki Sumawijaya mengatakan, pihaknya menggelar serentaun 2014 lebih kepada konsep kesederhanaan sehingga perayaanya tidak begitu besar.

“Alhamdulilah Seren taun 2014 bisa terlaksana dengan baik dan lancar walaupun penuh kesederhanaan. Seren taun sekarang walau sederhana tidak mengurangi maknanya apalagi ditambah dengan kehadiran kasepuhan adat Cisungsang kab. Lebak menambah makna dari seren taun itu sendiri,” kata Abah Maki.

Sedangkan, Camat Tamansari Achmad Sofyan menyatakan, kegiatan Serentaun di KBS bisa menjadi potensi wisata yang ada di Kecamatan Tamansari karena mampu menghadirkan ribuan orang kedalam kegiatan ini. “Ini menjadi sarana pelestarian budaya dan kesenian asli kita, dan tak lupa secara social kemasyarakat tentunya akan mengangkat ekonomi local masyarakat Tamansari,” kata Sofyan.


Sementara itu, Tokoh Pariwisata Kabupaten Bogor Zaenal Syafrudin. Menurutnya, hal ini bisa menjadi pendorong peningkatan pariwisata di Kabupaten Bogor dimana sector budaya dan kesenian menjadi salah satu sector utamanya.

“Ini jadi destinasi wisata kita, dan tentunya akan kita dorong terus sebagai salah satu upaya menarik wisatawan datang ke Bogor,”tandas mantan Camat Cibinong ini. (wan/PS)