Kota Bogor Menyala

Walikota Bogor Bima Arya dan wakilnya Usmar Hariman
Walikota Bogor Bima Arya dan wakilnya Usmar Hariman
Walikota Bogor Bima Arya dan wakilnya Usmar Hariman

POJOKSATU-Pemkot Bogor menggeber sejumlah program menyambut Adipura. Berbagi upaya dilakukan untuk mempercantik Kota Hujan, salah satunya dengan memberi ornamen lampu berbentuk nama jalan. Di antaranya terlihat di Jalan Otista, dan kawasan Jembatan Merah.

Wakil Walikota Bogor, Usmar Hariman mengatakan, ornamen lampu itu juga akan dipasang di beberapa jembatan dan titik strategis lainnya. Pemkot juga memperhatikan optimalisasi fungsinya, seperti harus menyala di malam hari, dan terhindar dari upaya vandalisme. Ke depannya, tiang-tiang penanda nama jalan itu akan dibuat bertemakan heritage.

“Dalam waktu dekat ini akan dibuat contoh di jalan-jalan protokol terlebih dahulu. Tiang penyangganya juga akan menyala menggunakan energi surya. Kalau Jembatan Merah kan menggunakan listrik nantinya,” kata Usmar.

Selain itu, pemkot juga akan membangun dan mengganti patung narkoba dengan sebuah patung baru setinggi 21 meter.


Kepala Bidang (Kabid) PJU dan Dekorasi Kota pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor, Sujatmiko Baliarto menambahkan, anggaran yang dikeluarkan untuk kedua lampu yang berada di jembatan Jalan Otista dan Jembatan Merah sebesar Rp588 juta.

“Untuk di tahun ini, baru akan direalisasikan di dua jembatan dulu. Untuk pemasangan lampu di jembatan Jalan Otista sebesar Rp193 juta. Sedangkan untuk di Jembatan Merah, sebesar Rp295 juta,” jelasnya.

Selain sebagai penerangan, fungsi lampu jembatan juga untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat serta menambah nilai estetika kota. “Nantinya, Kota Bogor akan menjadi lebih terang. Apalagi pemasangannya juga dilakukan di lokasi-lokasi yang memiliki nilai historis,” pungkasnya.(rp2/b)