KMP Makin Keropos

KIH dan KMP Damai

Pakar politik Universitas Gadjah Mada Dr Ary Dwipayana setuju pandangan bahwa kekuatan Koalisi Merah Putih alias KMP makin keropos. Satu per satu partai peserta terbelah meninggalkan koalisi, sehingga bisa jadi lama-lama di KMP hanya tinggal Gerindra dan PKS yang solid.

Menurutnya, inti dari KMP hanya Gerindra dan PKS. Dua partai inilah yang akan terus solid sampai akhir. Sedangkan untuk partai-partai lain, akan sangat fleksibel.

Ary mengumpamakan kondisi KMP sekarang seperti benang karet. Dalam satu titik mereka bisa sangat berdekatan satu sama kali. Di titik lain, mereka bisa berjauhan.


“Soliditasnya akan turun naik, tergantung pada kepentingan masing-masing parpol koalisi. Kalau kepentingannya bertemu akan solid, kalau tidak mereka akan renggang,” ucapnya dia kepada Kantor Berita Politik RMOL (Senin, 8/12).

Khusus untuk Demokrat dan PAN, menurut dia, akan bergerak sesuai dengan isu yang berkembang di publik. Ketika berhadapan dengan isu yang mengganggu elektoralnya di masyarakat, kedua partai ini tidak akan ragu meninggalkan KMP.

“Tapi, ketika berkaitan dengan kontestasi di DPR, mereka solid,” demikian Ary. (dem/jpnn)