Ini Efek Negatif Minum Susu bagi Tubuh

minum susu
ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU – Salah satu manfaat dari mengkonsumsi susu secara teratur adalah kesehatan tulang dan gigi, pasalnya susu mengandung kalsium yang cukup tinggi. Namun tahukah Anda jika mengkonsumsi susu lebih dari tiga gelas perhari dapat berdampak buruk bagi kesehatan?

Menurut sebuah studi baru, berlawanan dengan kepercayaan populer, minum susu dalam jumlah besar setiap hari tidak menurunkan risiko seseorang patah tulang dan sebagai gantinya dapat dikaitkan dengan tingkat kematian yang lebih tinggi.

Hal ini berlawanan dengan apa yang dikatakan oleh beberapa dokter dan ahli gizi bahwa nilai gizi susu dapat membangun tulang yang kuat dan mengurangi kemungkinan patah tulang bagi mereka yang berisiko keropos tulang yang berkaitan dengan usia.

Idenya sederhana. Tubuh kita perlu kalsium untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang serta bantuan dalam tugas-tugas penting lainnya, seperti mengatur irama jantung dan membantu darah untuk membeku. Dan ketika datang ke sumber makanan, susu dan produk susu lainnya memiliki konsentrasi tertinggi kalsium per porsi.


Namun, penelitian tadi menunjukkan bahwa kalsium saja tidak menurunkan risiko patah tulang karena tubuh tidak dapat menyerap kalsium yang dibutuhkan tanpa bantuan vitamin D. Dan susu juga tinggi laktosa dan galaktosa, yang telah terbukti mempercepat proses penuaan pada hewan dengan meningkatkan stres oksidatif dan peradangan kronis.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah gula tersebut memiliki efek yang sama pada manusia. Jadi peneliti menganalisis data dari 61.433 perempuan (usia 39-74 tahun) dan 45.339 orang (usia 45-79) yang menyelesaikan kuesioner menanyakan seberapa sering mereka mengkonsumsi 96 makanan umum, termasuk susu, yogurt, dan keju. Para wanita dilacak selama rata-rata 20 tahun. Jumlah kematian dan patah tulang pada kedua kelompok dicatat.

“Kami memang menemukan bahwa stres oksidatif yang lebih tinggi dan peradangan pada wanita dan pria yang mengkonsumsi beberapa gelas susu per hari dibandingkan dengan mereka yang minum dalam jumlah yang lebih rendah,” kata penulis utama Karl Michaelsson, seperti dilansir laman Yahoo Health, Minggu (7/12).

Selanjutnya, wanita yang minum lebih dari tiga gelas susu sehari (rata-rata 680 ml) memiliki risiko kematian yang lebih tinggi dibandingkan wanita yang minum kurang dari satu gelas susu sehari (rata-rata 60 ml).

Michaelsson menunjukkan bahwa temuan ini hanya menunjukkan hubungan antara susu dan peningkatan risiko kematian dan mereka tidak membuktikan hubungan sebab-akibat. Stres oksidatif yang terjadi ketika oksigen dalam tubuh kita bereaksi dengan molekul yang disebut radikal bebas, telah dikaitkan dengan beberapa risiko kesehatan, termasuk diabetes, kanker, penyakit jantung dan kehilangan tulang yang berkaitan dengan usia. Peradangan kronis telah dikaitkan dengan berbagai macam penyakit termasuk stroke, depresi, kanker dan penyakit jantung.

Namun, meskipun temuan, Michaelsson mengatakan bahwa anak-anak dan orang dewasa tidak harus menghilangkan susu atau produk susu lainnya dalam diet sehat. “Masih terlalu dini untuk membuat rekomendasi tertentu berdasarkan temuan kami,” pungkasnya. (fny/jpnn)