MS Hidayat Ketua Harian, Titiek Soeharto dan Nurdin Halid Waketum

image
Suasana Munas Golkar di Nusa Dua Bali

NUSA DUA -Ketua Umum Partai Golkar Abu Rizal Bakrie akhirnya mengumumkan kabinetnya di Nusa Dua Bali, Kamis (4/12). MS Hidayat ditunjuk sebagai Ketua Harian Partai Golkar. Sementara Titiek Soeharto dan Nurdin Khalid didapuk sebagai wakil ketua umum (waketum). Nama lain yang menduduki kursi waketum yakni Theo L Sambuaga, Fadel Muhammad, Sofyan Novanto,  Ade Komaruddin, dan Aziz Syamsuddin.

Selain terjadinya penggemukan pengurus, seperti wakil ketua dari sebelum 5 orang menjadi 8-9 orang, ARB menempatkan sejumlah nama sebagai pengurus DPP.

“Saya bukan formatur, tapi saya ikut mengetahui perkembangan yang ada sebentar lagi diumumkan. MS Hidayat ketua harian, Nurdin Halid wakil ketua,” kata Fadel di lokasi Munas IX Golkar, Bali.

Dia menyebutkan dalam pengurus periode 2014-2019, partai Golkar akan memilik lebih banyak waketum dan ketua-ketua bidang. Itu dikarenakan Aburizal Bakrie (Ical) sulit untuk tidak mengakomodir kader yang aktif di organisasi.


“Ternyata sulit ARB tidak menampung yang aktif di organisasi. Jadi gemuk, besar sekali. Belum selesai seluruhnya. Akan dibawa ke Jakarta,” katanya.

Untuk posisi waketum, selain nama Nurdin Halid ada kader muda yang dipercaya Ical, seperti Azis Syamsuddin dan Ade Komaruddin. Kemudian Achmadi Noor Supit serta Siti Heriyadi Haryati (Titik Soeharto) mewakili perempuan.

Ditanya waketum yang fokus mengurusi Kaolisi Merah Putih (KMP), Fadel mengatakan diserahkan ke Idrus Marham. “Itu dipegang Idrus Marham sebagai Sekjen,” tandasnya. (fat/jpnn)