POJOKSATU.id - Jelang akhir tahun 2024, berita terkait dengan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) semakin banyak diburu.

Sebelumnya, Menaker Yassierli telah membocorkan jadwal pengumuman penetapan kenaikan UMK 2025.

Disebutkan bahwa kenaikan UMK 2025 paling lambat akan diumumkan pada 30 November 2024.

Baca Juga: Gaji Guru Naik 2025, Gaji PPPK Naik juga? Intip Tabel Gaji per Golongannya Lengkap Tunjangannya

Sementara itu, hingga bulan Desember nanti yang masih berlaku adalah UMK 2024.

UMK 2024 sendiri resmi diberlakukan sejak 1 Januari 2024 lalu.

Ada berbagai macam besaran UMK 2024, mulai dari Rp 1 jutaan hingga Rp5 jutaan.

Baca Juga: Buntut Kaesang Tak Terbukti Terima Gratifikasi Private Jet, Bobby Nasution Justru Tak Diproses, KPK Malah Bilang Gini

Namun dari 416 kabupaten dan 98 kota yang ada di Indonesia, UMK 2024 terendah justru ada di daerah Jawa Tengah.

Daerah Jawa Tengah dengan UMK 2024 terendah di Indonesia adalah Kabupaten Banjarnegara.

Besaran UMK 2024 di Banjarnegara adalah Rp.2.038.005.

Baca Juga: Kronologi Anggota TNI Dikeroyok 9 Anggota Ormas dengan Sajam di Warkop Jaksel, Ternyata Penyebabnya Gara-gara Ini

Penetapan UMK Banjarnegara ini telah tertuang dalam Surat Edaran Gubernur Nomor 561/0017430 tentang Struktur dan Skala Upah Perusahaan di Jawa Tengah tahun 2024.

Sementara itu untuk UMK yang tertinggi di Jawa Tengah adalah Rp3.243.969 yaitu Kota Semarang.

Lebih jelasnya, berikut daftar lengkap UMK 2024 di Jawa Tengah:

1. Kabupaten Cilacap : Rp. 2.479.106
2. Kabupaten Banyumas : Rp 2.195.690
3. Kabupaten Purbalingga : Rp 2.195.571
4. Kabupaten Banjarnegara : Rp 2.038.005
5. Kabupaten Kebumen : Rp 2.121.947
6. Kabupaten Purworejo : Rp 2.127.641
7. Kabupaten Wonosobo : Rp 2.159.175
8. Kabupaten Magelang : Rp 2.316.890
9. Kabupaten Boyolali : Rp 2.250.327
10. Kabupaten Klaten : Rp 2.244.012
11. Kabupaten Sukoharjo : Rp 2.215.482
12. Kabupaten Wonogiri : Rp 2.047.500
13. Kabupaten Karanganyar : Rp 2.288.366
14. Kabupaten Sragen : Rp 2.049.000
15. Kabupaten Grobogan : Rp 2.116.516
16. Kabupaten Blora : Rp 2.101.813
17. Kabupaten Rembang : Rp 2.099.689
18. Kabupaten Pati : Rp 2.190.000
19. Kabupaten Kudus : Rp 2.516.888
20. Kabupaten Jepara : Rp 2.450.915
21. Kabupaten Demak : Rp 2.761.236
22. Kabupaten Semarang : Rp 2.582.287
23. Kabupaten Temanggung : Rp 2.109.690
24. Kabupaten Kendal : Rp 2.613.573
25. Kabupaten Batang : Rp. 2.379.702
26. Kabupaten Pekalongan : Rp 2.334.886
27. Kabupaten Pemalang : Rp 2.156.000
28. Kabupaten Tegal : Rp. 2.191.161
29. Kabupaten Brebes : Rp 2.103.100
30. Kota Magelang : Rp 2.142.000
31. Kota Surakarta : Rp 2.269.070
32. Kota Salatiga : Rp 2.378.951
33. Kota Semarang : Rp 3.243.969
34. Kota Pekalongan : Rp 2.389.801
35. Kota Tegal : Rp 2.231.628

Untuk mendapatkan artikel menarik dengan lebih cepat dan mudah bisa download aplikasi Pojoksatu.id untuk Android dan iOS dengan link di bawah ini:

VERSI ANDROID

VERSI iOS

Itulah informasi daftar UMK di Jawa Tengah.***