POJOKSATU.id - Setiap tahun upah minimum (UM) di berbagai daerah di Indonesia mengalami penyesuaian sesuai dengan kondisi ekonomi, inflasi, dan juga kebutuhan hidup layak.

Hal ini pun juga berlaku di Provinsi Jawa Timur.

Tahun 2025 ini belum ada ketentuan UMP dan juga UMK mengalami kenaikan berapa persen.

Kenaikan UMP dan UMK baru akan diumumkan di akhir November 2024.

Namun buruh menginginkan adanya kenaikan sebesar 10 persen.

Kendati demikian, penetapan kenaikan UMP dan UMK masih membutuhkan kajian terlebih dahulu.

Baca Juga: Terkait Perselingkuhan Sang Suami Bimo Aryo dan MaelaSila, Selebgram Septi Ariyanti Resmi Daftarkan Gugatan Cerai ke Pengadilan Agama Tigaraksa

Jika di tahun 2025, UMK Jawa Timur mengalami kenaikan 10 persen, hal ini akan membawa dampak pada gaji yang nantinya diterima oleh buruh.

Lantas bagaimana hitung-hitungan besarannya jika kenaikan UMK 10 persen?

Berikut adalah perhitungan kasar dari beberapa kota/kabupaten di Jawa Timur jika mengalami kenaikan sebesar 10 persen:

Kota Surabaya Rp 4.725.479,00 (naik jadi Rp5.198.026.

Kabupaten Gresik Rp 4.642.031,00 (naik jadi Rp5.106.234)

Kabupaten Sidoarjo Rp 4.638.582,00 (naik jadi Rp5.102.440)

Kabupaten Pasuruan Rp 4.635.133,00 (naik jadi Rp5.098.646)

Kabupaten Mojokerto Rp 4,624.787,00 ( Rp5.087.265)

Kabupaten Malang Rp 3.368.275,00 (naik jadi Rp3.705.147)

Kota Malang Rp 3.309.144,00 (naik jadi Rp3.640. 058)

Kota Pasuruan Rp 3.138.838,00 (naik jadi Rp3.452.721)

Kota Batu Rp 3.155.367,00 (naik jadi Rp3.470.903)

Kabupaten Jombang Rp 2.945.544,00 (naik jadi Rp3.240.098)

Kabupaten Probolinggo Rp 2.806.955,00 (naik jadi Rp3.087.650)

Kabupaten Tuban Rp 2.864.225,00 (naik jadi Rp3.150.647)

Kota Mojokerto Rp 2.832.710,00 (naik jadi Rp3.115.981)

Kabupaten Lamongan Rp 2.828.323,00 (naik jadi Rp3.111.155)

Kota Probolinggo Rp 2.701.086,00 (naik jadi Rp2.971.194)

Kabupaten Jember Rp 2.665.392,00 (naik jadi Rp2.931.931)

Kabupaten Banyuwangi Rp 2.638.628,00 (naik jadi Rp2.902.490)

Kota Kediri Rp 2.415.362,00 (naik jadi Rp2.656.898)

Kota Blitar Rp 2.330.000,00 (naik jadi Rp2.563.000)

Kabupaten Bojonegoro Rp 2.371.016,00 (naik jadi Rp2.608.117)

Kabupaten Tulungagung Rp 2.320.000,00 (naik jadi Rp2.552.000)

Kabupaten Lumajang Rp 2.281.469,00 (naik jadi Rp2.509.615)

Kota Madiun Rp 2.274.277,00 (naik jadi Rp2.501.704)

Kabupaten Kediri Rp 2.340.668,00 (naik jadi Rp2.574.734)

Kabupaten Nganjuk Rp 2.258.455,00 (naik jadi Rp2.484.300)

Kabupaten Sumenep Rp 2.249.113,00 (naik jadi Rp2.474.046)

Kabupaten Blitar Rp 2.256.050,00 (naik jadi Rp2.481.655)

Kabupaten Madiun Rp 2.243.291,00 (naik jadi Rp2.467.620)

Kabupaten Magetan Rp 2.238.808,00 (naik jadi Rp2.462.688)

Kabupaten Ponorogo Rp 2.235.311,00 (naik jadi Rp2.458.842)

Kabupaten Pamekasan Rp 2.221.135,00 (naik jadi Rp2.443.248)

Kabupaten Pacitan Rp 2.199.337,00 (naik jadi Rp2.419.270)

Kabupaten Sampang Rp 2.182.861,00 (naik jadi Rp2.401.147)

Kabupaten Ngawi Rp 2.241.054,00 (naik jadi Rp2.465.159)

Kabupaten Bondowoso Rp 2.183.590,00 (naik jadi Rp2.401.949)

Kabupaten Trenggalek Rp 2.223.163,00 (naik jadi Rp.2.445.479)

Kabupaten Situbondo Rp 2.172.287,00 (naik jadi Rp.2.389.515)

Kabupaten Bangkalan Rp 2.240.701,00 (naik jadi Rp2.464.771)

Demikian penghitungan kasar UMK Jawa Timur jika mengalami kenaikan 10 persen. ***