Sebanyak 4.241 Calon Mahasiswa Baru Lulus Jalur SBMPTN Unhas 2022

Universitas Hasanuddin (Unhas)
Universitas Hasanuddin (Unhas).

POJOKSULSEL, MAKASSAR – Sebanyak 4.241 calon mahasiswa baru dinyatakan lulus dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 di Universitas Hasanuddin. Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) secara resmi mengumumkan hasil secara serentak pada Kamis (23/6/2022), pukul 16.00 Wita.


Para peserta mengakses hasil pengumuman melalui laman utama LTMPT https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id/ atau dengan akses alternatif melalui laman mirror website Unhas di http://sbmptn.unhas.ac.id.

Universitas Hasanuddin menyediakan daya tampung melalui jalur SBMPTN sebanyak 4.185 yang tersebar pada 75 program studi, yakni 53 prodi saintek dan 22 prodi soshum. Sementara jumlah pendaftar melalui Jalur SBMPTN di Unhas ada sebanyak 42.580 orang calon mahasiswa baru. Dengan demikian, tingkat keketatan Jalur SBMPTN 2022 di Unhas mencapai 9.96%.


Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas, Prof. Dr. Ir. Muhammad Restu, menuturkan bahwa Unhas tetap menjadi salah satu kampus idaman para calon mahasiswa yang berasal dari seluruh Indonesia. Setiap tahunya terjadi peningkatan jumlah pendaftar di Unhas dengan peminat tertinggi pada program studi kedokteran. Sedangkan dari sisi keketatan persaingan, yakni pada kelompok saintek prodi Teknik Informatika menjadi yang tertinggi di Unhas, di susul prodi Manajemen untuk kelompok Soshum.

“Setiap tahunnya Unhas berpeluang meluluskan para calon mahasiswa baru pada program studi di pilihan pertama. Setiap program studi telah memenuhi jumlah pemenuhan kuota atau daya tampung yang ditetapkan, Kita harapkan para calon mahasiswa yang lulus dapat segera melakukan proses pendaftaran ulang dengan memenuhi kelengkapan dokumen yang diperlukan,” jelas Prof. Restu.

Lebih lanjut, Prof. Restu menambahkan bahwa proses registrasi ulang calon mahasiswa baru jalur SBMPTN 2022 mulai dibuka pada tanggal 24 s.d. 8 Juli 2022 dan untuk verifikasi online akademik pada tanggal 28 Juni s.d. 11 Juli 2022. Prosedur registrasi ulang dapat diakses melalui portal http://regpmb.unhas.ac.id (memilih menu “Prosedur Pendaftaran ulang Lulus SBMPTN 2022”.

Sementara bagi peserta SBMPTN yang belum berhasil lulus di Unhas, dapat memanfaatkan Jalur Mandiri, yang terdiri atas Jalur Non Subsidi, Jalur Prestasi Olah Raga Seni dan Keilmuan, Jalur Vokasi D4 (Sarjana Terapan), dan Kelas Internasional. Penerimaan Jalur Mandiri Unhas akan mulai dibuka pada tanggal 24 Juni 2022.

Informasi Jalur Mandiri dapat pula diakses pada portal yang sama di http://regpmb.unhas.ac.id, dengan memilih menu Informasi Umum Jalur Penerimaan, dan Mandiri.

(*/dhs/pojoksulsel)