Jejak Valentino Rossi Menapaki Ratusan Anak Tangga di Pulau Padar

Pemandangan indah di puncak Pulau Padar pada pagi hari.

Perjalanan dilanjutkan. Menurun sejenak, lalu mendaki lagi. Menapaki tangga ketiga. Yang jumlahnya 210 anak tangga. Lalu naik lagi. Menapaki 238 anak tangga lagi. Terakhir 129 anak tangga.


Katanya ada 816 anak tangga di Pulau Padar. Tapi hitungan saya hanya 800 anak tangga. Mungkin saya salah. Mungkin ada yang terlewat.

Tangga terakhir belum sampai di puncak. Masih harus mendaki lagi. Melewati jalan setapak. Butuh 80 langkah kaki untuk sampai puncak Gunung Padar.


Di situlah pebalap MotoGP legendaris Valentino Rossi berfoto. Latarnya hamparan laut, pantai pink. Juga deretan pulau. Yang membentuk banyak pantai melingkar. Ada yang pasirnya putih, ada yang pink, adapula yang hitam.

Valentino Rossi berlibur ke pulau itu pada Januari 2017. Ia mengunjungi beberapa destinasi wisata di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Yakni Pulau Padar, Pantai Pink, Manta Point, dan trekking melihat komodo.

“Waktu Rossi ke sini, saya masih tugas di Pulau Rinca. Saya baru dua tahun di sini,” ucap Abdul Kadir, pegawai Taman Nasional Komodo yang bertugas menjaga pos ketiga di Gunung Padar.

Aktor Rezky Aditya juga pernah mengambil foto pre-wedding di spot itu. Bersama kekasihnya Razer Patricia. Yang kini sudah jadi istrinya.

Ada banyak artis yang pernah berlibur ke sini. Nikita Willy, Bunga Citra Lestari (BCL) bersama almarhum suaminya Ashraf Sinclair pernah berpose di situ.

Tak ketinggalan Raffi Ahmad, Titi Kamal, Sarah Gibson, Baim Wong, Darius Sinathrya dan istrinya Dona Agnesia.

Perlahan tapi pasti, fajar mulai menyingsing. Ceo Radar Bogor Grup (RBG), Hazairin Sitepu berhasil menyusul dari belakang. Dia terlambat turun dari kapal. Tapi langkahnya cepat. Mengalahkan beberapa GM, pimred dan redpel RBG.

Inisiator Gerakan Anak Negeri (GAN) itu memang terbiasa jalan kaki. Punya kegiatan rutin. Namanya sunday walking. Menjelajah gunung. Bersama para pengusaha, pejabat, dan komunitas pecinta alam.