Babi Gadis

David Bennet (kanan) berhasil operasi Jantung dengan menggunakan katup jantung Babi. Foto via Disway

Oleh : Dahlan Iskan


DI HARI ke-9, kemarin, jantung babi itu masih seperti penyanyi rock. Prof Bartley Griffith yang mengatakan itu. “Jantung babi itu masih bekerja sangat baik di tubuh pasien,” ujar ahli bedah jantung dari University of Maryland Medical Center, Amerika, itu.

Prof Griffith-lah yang melakukan transplantasi jantung babi ke manusia 7 Januari lalu. Berpartner dengan Profesor Mohammad Mohiuddin asal Pakistan.

Dunia menyambut si Penyanyi Rock dengan gegap gempita –disamakan dengan capaian saat awal manusia bisa mendarat di bulan. David Benneth, 57 tahun, si penerima jantung babi, ikut jadi pahlawan ilmu pengetahuan.


Tapi ada satu wanita yang ngomel-ngomel: Leslie Shumaker Downey. “David Bennett tidak layak dipahlawankan,” katanyi pada The Washington Post kemarin.

Si David ternyata pernah masuk penjara. Ia menikam berkali-kali adik laki-laki Leslie: Edward Shumaker. Sampai hampir mati. Kritis. Sampai tidak bisa sembuh total. Cacat seumur hidup. Hanya bisa bergerak dengan kursi roda –sampai meninggalnya.

“David tidak layak menerima fasilitas transplantasi itu. Harusnya biar saja ia meninggal. Ada orang lain yang lebih berhak menerima jantung babi itu,” tambah Leslie.

Peristiwa penikaman itu terjadi 23 tahun yang lalu. Di sebuah bar di Maryland. Saat itu David berumur 23 tahun. Shumaker berumur 22 tahun.

David datang ke bar membawa senjata tajam. Disembunyikan di balik baju. Ia langsung ke meja biliar yang lagi ramai. Ia lihat pacarnya, Norma Jean, lagi dipangku Shumaker. Ketika pasangan itu lagi ngobrol dan minum bir David menikamkan pisaunya berkali-kali. Belakangan diketahui: 9 kali. Punggung dan sekitar dada Shumaker robek-robek. Darah muncrat dan mengenang di lantai. Gempar. David ditangkap. Diadili. Dijatuhi hukuman 10 tahun.

“Ia hanya menjalani hukuman 5 tahun,” ujar Leslie. “Harusnya ia dijatuhi hukuman mati. Adik saya kan akhirnya mati akibat peristiwa itu,” tambahnyi. Shumaker meninggal 19 tahun lalu akibat stroke. Shumaker sial. Sekali mangku gadis tidak pernah mengawini wanita.