Saksikan Napak Tilas Nasional Oputa Yi Koo di Puncak Gunung Siontapina Sultra

Saksikan Napak Tilas Nasional Oputa Yi Koo di Puncak Gunung Siontapina Sultra

POJOKSULSEL, SULTRA – Dalam Sejarah, Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi merupakan Pemimpin Kesultanan Buton selama dua periode, yaitu Sultan Buton ke-20 (1752-1755) dan ke-23 (1760-1755).


Sebagai sosok yang sangat mencintai keadilan, Sultan Himayatuddin kemudian melakukan pemberontakan kepada penjajah setelah mengetahui jika VOC membuat aturan pembatasan pelayaran orang Buton, pembebasan pajak atas kapal VOC yang berlabuh di Buton, dan penghancuran tanaman rempah di Buton, secara sepihak.

Selama melakukan perlawanan, Sultan Himayatuddin bahkan rela meninggalkan tahta kerajaan, dan bergerilia hingga ke Puncak Gunung Siontapina.


Karena perjuangannya itu, Sultan Himayatuddin kemudian diberi gelar Oputa Yi Koo oleh pihak Kesultanan Buton, yang bermakna raja atau penguasa yang bergerilia melawan penjajah di hutan.

Oputa Yi Koo kemudian dianugrahi sebagai Pahlawan Nasional oleh pemerintah Indonesia, pada 7 November 2019 lalu.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengungkapkan, Napak Tilas ini sangat penting untuk memperkenalkan Oputa Yi Koo kepada seluruh masyarakat baik nasional maupun manca negara. Oleh karena, itu acara ini harus bermakna dan berkesan.

“Napak tilas ini sangat penting untuk memperkenalkan perjuangan Pahlawan nasional Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi atau Oputa Yi koo kepada Dunia,” ucapnya, Senin (27/12/2021).

Menurut Gubernur Sultra 2 periode ini, banyak pelajaran berharga yang bisa dipetik dari perjuangan Oputa Yi Koo dalam melawan penjajah.

Sehingga dengan Napak Tilas ini, kata dia, adalah momentum untuk menggali, mempelajari serta meneladani sikap dan sifat Oputa Yi Koo yang pantang menyerah dalam perjuangan merebut kemerdekaan.

“Kita tentu berharap, generasi muda kita, bukan hanya di Sultra, tetapi generasi muda di seluruh Indonesia, bisa meneladani Oputa Yi Koo. Meneladani semangat Oputa Yi Koo yang terus berkobar demi tegaknya sebuah kebenaran,” lanjutnya.

Untuk itu, Ali Mazi mengajak seluruh elemen masyarakat, untuk sama-sama mendukung dan menyukseskan acara Napak Tilas Nasional Tersebut.

Sementara itu, Konsultan Event Napak Tilas Nasional Oputa Yi Koo, Isei Audrey Natanti mengatakan, kegiatan tersebut akan digelar pada Tahun depan bertepatan dengan hari kebangkitan Nasional.

“Ada 20 rangkaian lomba dalam Napak Tilas ini dan dibuka secara nasional dengan total hadiah sebesar Rp600 juta,untuk juara 1 Napak tilas saja itu 120 jtaan, dan banyak pegelaran Sejarah dan Budaya, dan tentunya menambah euphorianya kita hadirkan 5 artis terbaik di Indonesia di Acara ini,” ungkapnya.

“Untuk info lanjut dan berbagai update dari Acara ini bisa dilihat di akun Instagram @napaktilas.sultra , Website www.Napaktilassultra.id ,” kata Isei sapaan akrabnya.