Protokol Omicron

Ilustrasi Covid-19 varian Omicron

OLEH: DAHLAN ISKAN

Apakah arti kata Omicron –yang dipakai nama varian terbaru Covid-19?


Anda pun sudah tahu: Omicron diambil dari bahasa Yunani. WHO memang mengambil bahasa Yunani untuk memberi nama semua varian Covid-19.

Arti kata Omicron adalah: o kecil. Sedang apa bahasa Yunaninya O besar tanyalah BusserNKRI.

Kebetulan WHO lagi mencari nama baru. Yakni untuk varian terbaru Covid-19 yang ditemukan di Afrika Selatan: varian B.1.1.259.


Varian ini merupakan temuan ke-15. Yang 14 sebelumnya, Anda sudah tahu. Setidaknya yang paling terkenal selama ini: varian Delta.

Karena varian terbaru ini merupakan temuan ke-15, berarti jatuh di huruf o. Maka dicarilah kata di bahasa Yunani yang awalannya o.

Yang sudah terkenal tentu Omega. Tapi virus ini kan kecil sekali. Maka ketemulah kata Omicron tadi. Agar tidak sama dengan Omega.

Kebetulan sudah ada benda lain yang diberi nama Omicron. Yakni bintang ke-15 di jajaran kelompok perbintangan tertentu di angkasa sana. Bintang ke-15 itu, dalam ilmu astronomi, juga disebut Omicron.

Mengapa o kecil ini diberitakan begitu besar –melebihi pemberitaan Delta? Sampai Disway pun bikin Breaking Disway?

Jelas: itu karena varian Omicron-lah yang paling besar lingkup mutasinya: 30 mutasi. Sedang di varian Delta –yang terbanyak sebelum Omicron– hanya 12. Bahkan varian lain ada yang hanya 3.