Jakarta Tak Kunjung Membaik, PSBB Transisi Diperpanjang, Anies Minta Warga Tetap di Rumah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi fase I untuk 14 hari ke depan mulai tanggal 17 hingga 30 Juli mendatang.


Keputusan tersebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melalui video yang diunggah lewat akun YouTube Pemprov DKI Jakarta, Kamis (16/7).

Menurut Anies, melonjaknya kasus virus corona baru alias Covid-19 di Jakarta dalam beberapa waktu kebelakang, salah satu faktornya lantaran meningkatnya pengetesan PCR yang dilakukan Pemprov DKI.

“Dengan jumlah tes yang dilakukan 3,6 kali lipat dari standar WHO, test PCR, maka kita bisa yakin data yang dihasilkan menggambarkan kondisi Jakarta yang sesungguhnya,” jelas Anies Baswedan.


Oleh karenanya, akan amat berisiko untuk Jakarta apabila melonggarkan fase 1 PSBB masa transisi dan masuk ke fase 2.

“Karena itu kami di Jakarta, gugus tugas memutuskan untuk kembali memperpanjang fase 1 PSBB transisi sampai dua pekan ke depan sebelum kita beralih ke fase 2,” jelasnya.

Orang nomor satu di Jakarta itu pun meminta masyarakat untuk dapat kembali memastikan protokol kesehatan untuk dijalankan dengan ketat.

“Pada prinsipnya bila tidak terlalu penting jangan keluar rumah, kapasitas tidak lebih dari 50 persen dan senantiasa menggunakan masker,” pungkasnya.

(sta/rmol/pojoksatu)