Mengenal Ricky Elson, Ahli Teknologi Motor Pembuat Mobil Listrik

mobil listrik
Ilustrasi/foto via Jawa Pos

Ricky berharap para mahasiswa yang berkunjung ke LAN memiliki pola pikir yang lebih mendalam tentang motor listrik. ’’Padepokan kami di Ciheras terbuka untuk siapa saja. Kami ingin mengenalkan dan menyadarkan mereka bahwa ketertinggalan kita seperti apa, motor listrik itu sebenarnya ini itu,’’ ujarnya.

Fokus kegiatan LAN adalah membangun energi alternatif seperti pembangkit listrik tenaga angin. Juli 2013, dia berhasil memasang 40 turbin angin dengan kapasitas listrik masing-masing 500 watt untuk menerangi rumah-rumah di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT).

’’Itu proyek kecil saja,’’ katanya merendah. Meski memiliki teknologi yang siap pakai, Ricky tidak ingin cepat-cepat menggeser pembangkit listrik BBM. ’’Kita tetap harus berterima kasih kepada PLN. Peradaban kita dibangun dari energi fosil. Tidak bisa sertamerta menghilangkan itu,’’ tegasnya.

Yang penting, masyarakat Indonesia tahu kapan harus mengganti teknologi tersebut. Karena itu, Ricky mulai mentransfer teknologi pembangkit listrik tenaga angin.


’’Saya ingin menyiapkan generasi muda untuk 10–20 tahun ke depan. Supaya mereka tidak hanya ikutikutan negara lain, kita harus bisa ciptakan peradaban sendiri,’’ tandasnya.

(wir/c5/oki/radarbogor)