Mengenal Ricky Elson, Ahli Teknologi Motor Pembuat Mobil Listrik

mobil listrik
Ilustrasi/foto via Jawa Pos

POJOKSATU.id, JAKARTA – Nama Ricky Elson sempat mencuat saat menggarap mobil listrik beberapa waktu lalu. Pria kelahiran Padang, Sumatera Barat, ini memang ahli dalam teknologi motor penggerak listrik. Belasan hak paten tentang teknologi motor listrik telah dikantonginya di Jepang.

’’Lahirnya produk-produk itu (mobil listrik, Red) hanya sebagian kecil. Yang utama adalah kebangkitan engineer di Indonesia,’’ ujar Ricky, pendiri Lentera Angin Nusantara (LAN).

Sebelumnya, pria kelahiran 11 Juni 1980 tersebut dikenal sebagai salah satu perancang embrio mobil listrik, Tucuxi, Selo, dan Gendhis. Proyek tersebut merupakan ide Dahlan Iskan, menteri BUMN saat itu.

’’Fokus saya sekarang adalah transfer teknologi motor listrik,’’ katanya.


Salah satunya berkunjung ke universitasuniversitas di seluruh Indonesia untuk mengenalkan teknologi motor listrik kepada generasi muda. ’’Saya mengajak mereka untuk datang ke Ciheras (kantor LAN) untuk berdiskusi tentang teknologi,’’ ungkapnya.

Hal itu disambut positif oleh para mahasiswa. Setiap bulan 300–500 mahasiswa berkunjung ke Ciheras untuk menimba ilmu tentang teknologi motor listrik. ’’Jadi, bukan hanya mobil listrik, kendaraan-kendaraan listrik, tapi semua tentang electric vehicle, termasuk pembangkit listrik,’’ tuturnya.

Banyak mahasiswa yang akan mengikuti lomba kendaraan listrik tingkat dunia yang berguru langsung kepada Ricky. Dia menyebutkan, mobil listrik hingga pembangkit listrik memiliki teknologi yang sama.

’’Bahkan, ada mahasiswa yang mau ikut lomba kapal listrik di Belanda datang ke sini,’’ ungkapnya.