Acara Usai UN SMA, Bikini Party hingga Pesta Mesum

Pesta bikini di kolam renang.
Pesta bikini di kolam renang.
Pesta bikini di kolam renang.
Pesta bikini pelajar di kolam renang. | Foto: Twitter

POJOKSATU.id, JAKARTA–Perayaan usainya ujian nasional (UN) yang sedang digarap gabungan siswa SMA di Jakarta dan Bekasi terbilang keterlaluan. Mereka bukan
lagi merencanakan kegiatan seperti sujud syukur massal, corat-coret, ataupun konvoi. Melainkan pool party alias pesta bikini.

Rencana gila itu terungkap setelah undangan berupa sebuah cuplikan video bertajuk ’GoodBye UN Pool Party Divine Production SPLASH AFTER CLASS’ diunduh ke YouTube. Ada lebih dari 3.000 orang yang sudah menyimak undangan pesta bikini di Pool Area The Media Hotel & Towers, 25 April mendatang itu. Dalam undangan resminya, penyelenggara mengklaim kegiatan tersebut didukung sejumlah sekolah di Jakarta dan Bekasi.

Sekolah yang dicatut namanya antara lain, SMA 8 Bekasi, SMA 12 Jakarta, Muse Rawamangun, SMA 38, SMK 50, SMK Musik BSD, SMA 31, SMA 109, SMA 53, SMA 44, SMA 24, SMA 29, 26 Pembangunan, SMA 100, RRFAMS, dan SMA Insan Cendikia.

Rencana pesta bikini ini, sontak membuat Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama belingsatan. Dia mengaku kecolongan.


”Oh enggak bisa dong kalau pesta bikini mah. Itu enggak bener! Ditangkap. Itu ada KUHP asusilanya kok,” ujar Ahok -sapaan Basuki Tjahaja Purnama- di Balai Kota.


Baca:
Ahok Geram Ada ‘Bikini Party” Pelajar SMA Jakarta


Lantas, apa serba-serbi pesta Splash After Class ini? Penelusuran, seperti dilansir dari situs javaparty.net, Splash After Class yang digagas oleh Divine Production’s ini akan digelar pada Sabtu, 25 April nanti. Di situs tersebut menerangkan, Splash After Class diilhami dari upaya untuk menghilangkan kepenatan atau stres usai ujian nasional.

”Are you strees out about national exam and you want to refresh your brain??? Let’s join us in GoodBye UN party!!!!”

Rencananya, pesta itu akan digelar di Media Hotel, Jakarta, yang diketahui terletak di Jalan Gunung Sahari 3, Sawah Besar, Jakarta. Untuk pemesanan tiket alias presale dikenakan biaya Rp150.000. Sementara untuk OTS (on the spot) atau tiket yang dijual pada hari H senilai Rp200.000.

Lebih gila lagi, tersedia juga tiket VIP yang berisi dua botol minuman anggur termurah dijual seharga Rp2.400.000. Sementara paket termahal yang berisi empat botol minuman plus ruangan dijual dengan harga Rp5.000.000.

Di situs itu juga mencantumkan sejumlah bintang tamu dan DJ, seperti Mahesa Utara, Putri Danizar, Adhel Maharani, G-Vaw, Electrooby, Gilbert, Aliens, dengan mic controller by MC Novel. Pesta itu juga mempunyai rules and policynya? No Drugs, No Weapon, and No Fight. Dan di undangan juga tertera semacam dress code: Bikini Summer Dress.

Ilustrasi: Zaenal
Ilustrasi: Zaenal

Menurut akun Twitter @Eventjakartacom, pesta bikini juga pernah diadakan pada 18 April 2015. Akun ini mencuit pada 15 April 2015, ”BREAK THE RULES” @Divine_prod | 18 April 2015 @Media Hotel.” Kemudian cuitan itu menyebut sebuah nomor telepon genggam dan tautan yang terhubung ke situs. Isi artikelnya menerangkan acara pesta bikini sekelom

Belum juga dimulai, pesta ala ’Barat’ itu sudah dibatalkan pihak hotel. Kepolisian pun akan turun tangan. Dalam waktu dekat Divine Production’s selaku event organizer pesta bikini akan dimintai keterangan oleh polisi.

”Kita akan cek, dan memanggil penyelenggaranya,” ujar Pjs Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Budi Wijanarko.

Dia menegaskan, polisi melarang keras acara pesta bikini tersebut. Menurut Budi, acara pesta bikini ’Splash After Class’ untuk pelepasan UN siswa SMA di Jakarta telah melanggar etika. Sangat disayangkan, bila pelajar SMA menggelar pelepasan UN dengan berpesta bikini seperti itu.

”Mau jadi apa kalau kelulusan UN pakai acara begitu,” kata Budi.


Baca:
Parah.. Lihat Nih Foto Pesta Bikini SMA Peluk-Pelukan di Kolam Renang


Terpisah, The Media Hotel and Towers sebagai penyedia venue secara resmi membatalkan event pool party bertajuk Splash After Class. Pembatalan ini
dilakukan karena disinyalir yang ikut acara ini anak-anak di bawah umur.

”Kami resmi membatalkan event pool party Splash After Class karena disinyalir akan diikuti oleh anak-anak di bawah umur,” kata Manager F dan B Event dan Sponsorship, Ibnu M Iqbal.

BACA: Ini Penjelasan Divine Production, EO Pesta Bikini SMA

Selain pesta bikini, kisah berakhirnya UN yang tak kalah heboh dilakukan oleh belasan pelajar di Penjaringan, Jakarta Utara. Mereka melakukan
tindakan negatif dan tidak patut ditiru. Mereka membajak truk kontainer, dan kedapatan membawa senjata tajam. Puluhan pasangan masih pelajar terjaring razia petugas Satpol PP Kendal.

Puluhan pasangan masih pelajar terjaring razia petugas Satpol PP Kendal.

Lain lagi di Kabupaten Kendal. Usai mengikuti UN, puluhan pelajar justru menggelar pesta seks di kawasan objek wisata Pantai Muara Kencan, di Desa Pidodowetan, Kecamatan Patebon Kendal, Kamis (16/4).


Baca:

Selesai UN, Sepasang Pelajar Digrebek Saat Asyik Bercinta
Pelajar di 5 Kota Ini Asyik Rayakan Pesta Seks UN


Aksi mereka terbongkar setelah Satpol PP Kabupaten Kendal merazia kawasan itu. Sosiolog Musni Umar menilai, pesta bikini untuk anak SMA di sebuah hotel mewah merupakan ciri kehidupan glamor dan bisa menjadi budaya bagi anak muda yang tidak sesuai dengan nilai ketimuran.

Pesta ini juga bisa memberikan kesan kepada masyarakat bahwa selesai UN harus berpesta pora untuk melepaskan penat.

”Tetapi, budaya yang diutamakan oleh mereka itu tidak sesuai dengan apa yang kita ingin bangun sebagai bangsa,” ucapnya.

Musni mengatakan, perjalanan dan perjuangan para pelajar itu masih panjang, mereka masih harus menempuh pendidikan tinggi. Alangkah lebih eloknya jika para remaja itu bisa merayakan kelulusan dengan hal yang bermanfaat, misalnya melakukan kegiatan sosial.

”Boleh saja merayakan kelulusan dengan berkumpul, makan-makan atau membuat kegiatan di sekolah, dengan mengikutsertakan guru dan saling mendorong untuk kemajuan,” kata Musni.

(ind/c)

Baca Juga Fokus Utama: Geger Bikini Party