Fahri Hamzah Ingatkan Bahaya Sikap Yasonna

Fahri Hamzah
Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah
Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah
Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah

POJOKSATU.id, JAKARTA – Akhir-akhir ini, sikap Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly terkait kisruh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Golkar menuai banyak protes. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menilai keputusan Yasonna Laoly mengesahkan kepengurusan parpol secara semena-mena, adalah tren negatif. Jika dibiarkan, dikhawatirkan merusak kebebasan berserikat.

“Apa yang dilakukan oleh Pak Laoly ini adalah satu tren yang negatif ya. Ini bahaya dalam menjamin kebebasan berserikat dan berkupul di Indonesia,” kata Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/03).

Koalisi Merah Putih (KMP) kata Fahri, akan terus mencermati isu yang berkaitan dengan intervensi pemerintah terhadap kehidupan politik. Dia juga berharap, fraksi di DPR segera berkoordinasi untuk menindaklanjuti masalah ini.

“Masyarakat harus kritis terhadap fungsi Menkumham saat ini. Sejak Menkumham diberi kewenangan menangani problematika organisasi sosial dan politik, masalah-masalah menjadi bermunculan,” kata Fahri.


“Ini yang pertama kali dalam sejarah reformasi. Pemerintah aktif melakukan pembelaan memenangkan dan mengalahkan satu kelompok dengan menggunakan SK yang bisa mereka buat,” jelas Fahri. (trk/ril)