Kelompok Bali Nine Akan Diksekusi di Luar Bali

Andrew Chan, anggota kelompok yang terkenal dengan sebutan Bali Nine
TERPIDANA MATI: Myuran Sukumaran (kanan) dan Andrew Chan, anggota pengedar narkotika kelompok Bali Nine, di Lapas Kerobokan, Bali.
TERPIDANA MATI: Myuran Sukumaran (kanan) dan Andrew Chan, anggota pengedar narkotika kelompok Bali Nine, di Lapas Kerobokan, Bali.

POJOKSATU – Terkait pemindahan terpidana mati kelompok “Bali Nine” dari Lapas Kerobokan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Bali menggelar rapat tertutup.

Rapat tersebut membahas mengenai situasi terkini di Bali dan rencana pemindahan dua warga Australia terpidana mari, Myuran Sukumaran dan Andrew Chan.

“Ya, baru saja rapat koordinasi. Di antaranya membahas soal eksekusi mati dua terpidana mati yang saat ini ada di Lapas Kerobokan. Hasil rapat ini adalah membicarakan perlu tidaknya eksekusi di Bali, atau di tempat lain,” kata Kepala Kejaksaan Momock Bambang Samiarso di Denpasar, Kamis (12/02).

Momock mengatakan eksekusi atas kedua terpidana mati itu akan dilakukan di luar Bali. Namun, waktu pemindahan belum ditentukan. Kendari demikian, persiapan pengamanan pemindahan tetap dikoordinasikan dengan pihak terkait.


Selain Kepala Kejaksaan Tinggi Bali, juga hadir Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta, Wakapolda Bali Brigjen Pol. I Nyoman Suryasta, juga beberapa pejabat terkait seperti dari Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bali serta SKPD Provinsi Bali.(sri/ril)