Molor 3 Jam, Sidang Komjen BG Belum Dimulai

POJOKSATU – Sidang praperadilan yang diajukan Komjen Budi Gunawan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sedianya dimulai pukul 09:00, namun hinga pukul 12:00, sidang belum juga dimulai.

Jadwal sidang pun sudah molor 3 jam. Sidang belum dimulai karena pihak termohon dalam hal ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), belum hadir di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Hakim tak bisa membuka sidang jika kedua pihak, termohon dan pemohon belum hadir di ruang sidang.

Pintu ruang sidang utama Oemar Seno di PN Jaksel terlihat masih tertutup rapat. Namun suasana di pengadilan sudah sangat ramai sejak pagi. Ratusan demonstran pendukung Budi Gunawan memenuhi gedung PN Jakarta Selatan. Raturan polisi juga tampak berjaga di sekitar PN.

Informasi yang dihimpun, kuasa hukum KPK belum tiba di PN Jaksel. Baru ada tim kuasa hukum dari Komjen Budi. ‎Sidang ini sedianya dipimpin oleh hakim tunggal Sarpin Rizaldi yang disebut-sebut kontroversial.


Sidang akan digelar di ruang sidang utama Prof Oemar Seno Adji. Di pintu ruang sidang, terdapat papan bertuliskan, “Sidang Tertutup Pasal 153 (3) KUHAP”. Belasan polisi berjaga-jaga di depan pintu ruang sidang tersebut.

Pengadilan menyediakan satu unit layar monitor 21 inci di dekat pintu ruang sidang. Layar monitor tersebut akan menayangkan proses sidang. Wartawan hanya bisa mengamati proses sidang melalui layar tersebut. Sidang dengan nomor perkara 04/pid/prap/2015/PN Jakarta Selatan itu dipastikan tak dihadiri oleh Budi Gunawan. Budi diwakili oleh tim kuasa hukum. (one)