KPK Periksa Komjen Budi Gunawan Besok

Marwan jafar
Menteri DPDTT, Marwan Jafar

POJOKSATU – Perseteruan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polri yang terus memanas tak menghalangi lembaga anti rasuah untuk memeriksa Komjen Pol Budi Gunawan.

KPK telah menjadwalkan pemeriksaan jenderal bintang 3 itu pada Jumat (30/1/2015) . Calon tunggal Kapolri tersebut  akan diperiksa sebagai tersangka kasus rekening gendut saat menjabat Kepala Biro Pembinaan Karir Deputi SDM Mabes Polri.

Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha mengungkapkan, Budi dijadwalkan diperiksa Jumat (30/1). “Benar, besok BG (Budi Gunawan) diperiksa sebagai tersangka,” kata Priharsa di KPK, Jakarta, Kamis (29/1).

Priharsa menjelaskan surat panggilan untuk Budi sudah dilayakan sejak awal pekan ini. Karenanya, KPK berharap Budi bisa memenuhi panggilan itu.


“KPK mengharapkan yang bersangkutan bisa kooperatif, dalam hal ini hadir memenuhi panggilan penyidik,”‎ tandas Priharsa.

Dalam kasus dugaan penerimaan atau janji, Budi disangka melanggar Pasal 12 huruf a atau huruf b, Pasal 5 ayat (2), Pasal 11 atau Pasal 12 B UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Tipikor jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (gil/jpnn/one)