Ahok Larang Jual Apel di Jakarta

Basuki Tjahja Purnama alias Ahok

POJOKSATU – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) melarang penjualan dua merek apel yaitu Granny Smith dan Gala yang diimpor dari Bidart Bros, Bakersfield, California, Amerika Serikat. Larangan ini terkait pengumuman Kementerian Perdagangan yang menyatakan dua apel itu terkontaminasi bakteri listeria monocytogenes.

Bakteri tersebut menyebabkan ‎infeksi serius dan fatal pada bayi, anak-anak, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Selain itu dapat menyebabkan keguguran kepada wanita hamil.

Bakteri listeria monocytogenes dapat menyebabkan gejala infeksi jangka pendek kepada orang-orang sehat, berupa demam tinggi, sakit kepala, pegal, mual, sakit perut, dan diare.

“Udah disetop. Enggak boleh jual lagi,” ‎kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Selasa (27/1).


Sementara itu, Kepala Balai Besar Badan POM DKI Jakarta, Dewi Prawitasari mengatakan akan melakukan operasi pasar. Hal ini dilakukan usai mendapat data distributor dari Kementerian Pertanian.

Dewi mengungkapkan kedua jenis yang terpapar bakteri itu sudah diperjualbelikan di Jakarta. Namun, ia belum mengetahui titik lokasi persebaran dua jenis apel itu.

“Kami melakukan pengawasan dan penindakan kepada distributor. Tapi, tetap leading sistemnya berada di Kementerian Pertanian,” tandasnya. (gil/jpnn/ps)