Blusukan, Ini Jawaban Spontan Jokowi Terkait Konflik KPK-Polri

POJOKSATU – Di tengah perseteruan dua lembaga penegak hukum, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polri, Presiden Jokowi memilih bulusukan, Minggu (25/1/2015).

Jokowi mengikuti car free day (CFD) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia pukul 07.30 hingga 08.00 WIB. Suami Iriana Widodo ini, melanjutkan kegiatannya dengan meninjau Kampung Deret, Tanah Tinggi, Jakarta Pusat pada pukul 08.45.

Usai dari Kampung Deret, Jokowi bergeser ke Pelabuhan Jakarta International Container Terminal (JITC), Tanjung Priok, Jakarta Utara, pukul 10.00. Selanjutnya Jokowi melanjutkan peninjauan ke Waduk Pluit dan Pasar Tanah Abang pukul 11.05.

Tak hanya itu, pukul 11.35 pria kelahiran Surakarta ini dijadwalkan meninjau Rumah Susun Muara Baru, Jakarta Utara. Blusukan Jokkowi dijadwalkan berakhir di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang direncanakan pukul 12.45.


Di tengah blusukan itu, para wartawan menanyakan seputar penanganan konflik KPK dan Polri. Wartawan juga bertanya seputar isu pelantikan Komjen Gunawan sebagai Kapolri, Senin (26/1/2015). “Akan saya jelaskan nanti, ya,” ujarnya singkat.

Ketika ditanya kapan persisnya penjelasan tersebut diberikan, Jokowi langsung masuk ke mobilnya, VW Caravelle RI-1 berwarna hitam.

Di Pasar Tanah Abang, Jokowi menjadi pusat perhatian para pedagang dan pembeli. Hampir semua pedagang di toko yang dikunjunginya mengajak Jokowi ber-selfie. Selama tiga puluh menit Jokowi berputar-putar di Blok A, sampai akhirnya membeli sarung di toko Labora. (one)