Mantan Suami Laporkan BW, Artis Ussy Sulistiawaty Kesal

Ussy Sulistiawaty dan suaminya Andhika
Ussy Sulistiawaty dan suaminya Andhika
Ussy Sulistiawaty dan suaminya Andhika

POJOKSATU – Sugianto Sabran merupakan pelapor kasus kesaksian palsu sengketa pilkada Kotawaringin Barat, yang menyebabkan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) ditangkap polisi, Jumat (23/1) pagi.

Politisi PDI Perjuangan itu merupakan mantan artis Ussy Sulistiawaty. Keduanya menikah pada 2005. Pernikahan Sugianto dengan Ussy kandas seiring mencuatnya kasus illegal logging pada 2006.

Menanggapi pemberitaan tersebut, Ussi keberatan selalu dikaitkan dengan mantan suaminya. Melalui akun twitternya, Ussy, yang kini menjadi istri pembawa acara Andika Pratama ini, mengomentari media yang membuat judul berita dengan mengaitkan namanya.

“pentingyabw2namasaya??” kata Ussy melalui akun twitternya @ussyklik.


“udah bertahun tahun lamanyaaaaa, masih aja nama ekeeeh kesebut #capekdeh,” kicau Ussy.

Sejumlah temannya pun turut menenangkan dan menguatkan Ussy untuk bersabar. “bener mba.. Koq mba ussy dibawa2 ya..?” kicau
Mama Haidar di akun Twitter @MamaHaidar.

“knp koq hrus dibwa2 sgala? Gk etiss…” tulis anggita andhipa 48 di akun ‏@anggitaandhipa.

“Bener kak kog di bawa” nama kk ussy sih” tulis AndhiSsy Loverz di akun ‏@nadhifahklik_11.

Sebelumnya diberitakan, Sugianto Sabran merupakan pelapor kasus kesaksian palsu sengketa pilkada Kotawaringin Barat, yang menyebabkan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto ditangkap polisi, Jumat (23/1) pagi.

Sugianto ini politikus PDIP yang pernah menjadi calon bupati namun kalah bertarung dan sempat terjerat kasus pembalakan liar (illegal logging).

Informasi yang didapat Jawa Pos dari sejumlah warga di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalteng, menyebutkan, Sugianto termasuk pengusaha yang kerap bermasalah dengan hukum. Dia pernah menjadi buron alias masuk daftar pencarian orang (DPO).

Sugianto Sabran awalnya lebih dikenal dengan nama Yusuf Sugianto. Pengusaha kayu itu sempat menikah dengan artis Ussy Sulistiawaty pada 2005. Pernikahan Yusuf dengan Ussy kandas seiring mencuatnya kasus illegal logging pada 2006.

Ada juga kabar bahwa perceraian itu dipicu kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Entah bagaimana riwayatnya, nama Yusuf Sugianto lantas berubah menjadi Sugianto Sabran.

“Saat menikah dengan Ussy, namanya Yusuf Sugianto. Tapi, saat terlibat illegal logging, namanya berganti menjadi Sugianto Sabran,” ujar sumber Jawa Pos.

Berdasar penelusuran lain Jawa Pos, Sugianto pernah dituding berada di balik penganiayaan terhadap seorang aktivis lingkungan hidup bernama Abikusno Nachran. Kasus pemukulan terjadi November 2001.

Saat itu Abikusno –yang juga seorang wartawan lokal– mengangkat tulisan mengenai kasus penyelundupan kayu ke Tiongkok yang diduga melibatkan kerabat Sugianto. Yang membuat Sugianto geram, akibat tulisan wartawan tersebut, Departemen Kehutanan melakukan penindakan dengan menyita kayu yang akan diselundupkan.

Meskipun kerap bermasalah, pada 2010 Sugianto tiba-tiba maju dalam pencalonan bupati Kotawaringin Barat, berpasangan dengan Eko Sumarno. Pasangan itu sempat memenangi pilbup. (jp/one/ps)