Kisah Sehari Bambang Widjojanto

Bambang Widjojanto

BW-2-ECA

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto (BW) ditangkap anggota Bareskrim Polri, Jumat (23/1/2015) sekitar pukul pukul 07.30 WIB di Depok Jawa Barat. BW kemudian akhirnya dibebaskan pada Sabtu dini hari.

BW dibawa ke markas Bareskrim Polri dan langsung ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pilkada Kota Waringin Barat pada 2010 lalu. BW disangka mengarahkan dan menyuruh saksi untuk memberikan keterangan palsu di sidang Mahkamah Konstitusi (MK).

Berikut kisah penangkapan BW mulai ditangkap hingga bebas dari Bareskrim Polri:


Jumat, 23 Januari 2014 | Pukul 07:30
BW ditangkap saat keluar di SDIT Nurul Fikri, tepatnya di depan Butik Rifa Jl Komplek Timah Kelurahan Tugu, Depok. Ia ditangkap saat mengantar anaknya sekolah.

Pukul 08.30
Polri menyatakan tak ada penangkapan terhadap BW.

Pukul 09:15
KPK mengutus tim ke Mabes Polri untuk menggali informasi soal penangkapan BW

Pukul 10.00
Polri mengkonfirimasi BW ditangkap Bareskrim atas kasus penanganan pilkada Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, tahun 2010. BW disangka telah memaksa saksi di MK agar memberikan keterangan palsu.

Pukul 10:10
Mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM yang juga guru besar fakultas hukum UGM Prof Denny Indrayana menyambangi Gedung KPK untuk mengkonfirmasi penangkapan BW oleh Bareskrim.

Pukul 01:00,
Sejumlah aktivis antikorupsi mendatangi Gedung KPK untuk memberikan dukungan kepada KPK atas penangkapan BW. Mereka melakukan aksi unjuk rasa mendesak BW segera dibebaskan.

Pukul 14:30
Massa yang kontra dengan KPK berdatangan ke kantor komisi anti rasua. Mereka  menuntut Ketua KPK Abraham Samad mundur dari jabatannya.

Pukul 15:00
Mantan Ketua KPK Chandra Hamzah tiba di gedung KPK untuk memberikan dukungan moril kepada KPK. Chandra menyesalkan penangkapan BW oleh Bareskrim Polri.

Pukul 14:45
Ketua KPK Abraham Samad dan Wakapolri Komjen Badrodin Haiti tiba di Istana Bogor memenuhi panggilan Presiden Jokowi

Pukul 15:30
Jokowi mengadakan konfrensi pers di Istana Bogor. Jokowi meminta agar Polri dan KPK memastikan proses hukum harus objektif dan sesuai dengan aturan hukum yang ada.

Pukul 17:15
Ketua KPK Abraham Samad melakukan konferensi pers di Gedung KPK. Abraham menceritakan kebersaannya dengan BW pada malam sebelum ditangkap. “Semalam, saya sempat bersama dengan Pak BW. Pak BW cerita, dia sudah merasa akan jadi target, sama seperti saya,” kata Abraham.

Pukul 21.00
Rombongan KPK mendatangi Bareskrim Polri.

Sabtu, 24 Januari 2015 | Pukul 1.30 WIB
Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto akhirnya keluar dari Bareskrim Polri, usai menjalani pemeriksaan atas kasus penanganan pilkada Kotawaringin Barat tahun 2010. Bambang ditangguhkan penahanannya penyidik Bareskrim setelah adanya desakan pimpinan KPK, pegiat anti korupsi, dan masyarakat sipil.

Pukul 04.00 WIB
Massa antikorupsi bubar dari Gedung KPK. Pimpinan KPK melanjutkan diskusi untuk menetapkan strategi dan skenario lanjutan.