Denny Indrayana Tuding Penangkapan BW Ulah Loyalis BG

Massa menggelar aksi unjuk rasa sebagai bentuk dukungan terhadap Bambang Widjojanto yang ditangkap Bareskrim Polri

POJOKSATU – Mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana ikut mengkritisi penangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) oleh Bareskrim Polri.

Ia menyebut penangkapan itu sebagai serangan balik atas ditetapkannya Kapolri terpilih Komjen Pol Budi Gunawan (BG) sebagai tersangka

“Upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK berhadapan dengan serangan balik. Ini adalah kriminalisasi,” kata Denny di Gedung KPK, Jumat (23/1).

Denny datang ke kantor KPK untuk memberi dukungan moral kepada lembaga pimpinan Abraham Samad itu.


Bersama sejumlah aktivis dan tokoh masyarakat lainnya, ia ikut mendampingi pimpinan KPK saat menyampaikan pernyataan sikap terkait penangkapan Bambang kepada media.

Menurutnya, ada kelompok loyalis Budi Gunawan yang memanfaatkan institusi Polri untuk membela tersangka penerima suap itu. Mereka lah yang mencari-cari kesalahan Bambang dan kemudian mempidanakannya.

“Kita sayangkan Kepolisian dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok yang loyal pada BG. Ini jelas, clear,” ucapnya tanpa menyebut kelompok yang dimaksud.

Meski begitu, Denny berharap ancaman ini tidak menggangu kinerja KPK memberantas korupsi. Ia pastikan, masyarakat pasti tetap berada di belakang mereka.

“Ini upaya lemahkan KPK, tapi KPK semakin kuat. Rakyat anti korupsi ada dibelakang KPK. Satu orang BW ditangkap, kita semua jadi BW-BW yang lain,” pungkasnya. (dil/jpnn/ps)