Begini Detik-Detik Penangkapan Bos KPK

kpk
Polisi menunjukkan surat perintah penangkapan kepada Bambang. Foto Rimanews

POJOKSATU – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto (BW) yang dituduh mengarahkan saksi untuk memberikan kesaksian palsu dalam persidangan sengketa Pilkada Kotawaringin Barat tahun 2010 lalu ditangkap petugas Bareskrim sekitar pukul 07.30 WIB.

BW ditangkap persis di depan Butik Rifa yang ada di sebelah SDIT Nurul Fikri di Jalan Komp Timah, Kelurahan Tugu, Cimanggis, Depok.

Sebelum ditangkap, BW telah diawasi lima petugas Bareskrim di rumahnya pukul 06.30. Mereka kemudian menguntit BW saat mengantar anaknya sekolah di SDIT Nurul Fikri.

BW yang mengenakan baju koko warna putih menyetir sendiri Isuzu Panther miliknya. Saat tiba di sekolah, ia tidak turun dari mobil. Anaknya mencium tangan dan berpamitan.


Penyidik yang membawa dua mobil terus mengikuti mobil BW satu kilometer dari sekolah. Saat BW  hendak pulang, ia dihentikan petugas dari Polsek Sukmajaya.

Saaat jarum jam menunjukkan pukul 07.30. Penyidik  itu kemudian mendatangi mobil BW.
“Kami membawa surat tugas,” kata pemimpin tim penyidik kepolisian, yang menolak disebutkan namanya.

Dia mengklaim sengaja menangkap BW, yang dituduh memerintahkan saksi memberikan keterangan palsu di Mahkaamah Konstitusi, demi kemanusian. “Sengaja ditangkap setelah anaknya turun,” ujarnya.

BW dibawa ke mobil penyidik. Mobil Panther miliknya dikemudikan polisi menuju kantor Bareskrim Mabes Polri. “Kuncinya saya serahkan ke BW di Bareskrim,” kata penyidik itu. (one)