Andi Polri Menang, Apakah Status Tersangka BG Bisa Dibatalkan?

Komjen Budi Gunawan
Komjen Budi Gunawan

Pihak Polri resmi mengajukan gugatan prapradilan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi terkait penetapan Kapolri terpilih Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka kasus gratifikasi.

Pakar hukum Universitas Indonesia Akhiar Salmi tidak bisa mengira-ngira pihak mana yang akan menang. Karena semua tergantung pada dalil-dalil dan bukti yang dibawa ke pengadilan nanti.

Sulit untuk diprediksi. Semua punya kemungkinan. Dalam hukum, semua mungkin terjadi,” ucap Akhiar Salmi kepada Kantor Berita Politik RMOL Selasa malam  (20/1).

Menurutnya, yang menarik, adalah implikasi putusan setelah prapradilan selesai. Jika pengadilan mengabulkan permintaan Polri, mungkinkah penetapan Budi Gunawan sebagai tersangka batal. Setahu Akhiar, yang boleh diprapradilankan adalah proses, bukan substansi kasus.


Jadi akan menarik, apakah status tersangka itu akan batal atau tidak. Sejauh mana keputusan nanti, apakah prosesnya saja yang dipersoalkan atau sampai ke substansi. Setahu, hanya proses. Kalau substansi nanti dalam pembuktian di pengadilan,” jelasnya.

Akhiar berharap, pengajuan prapradilan ini tidak menimbulkan keruncingan Polri dan KPK. Jangan sampai muncul kasus cicak versus buaya jilid dua. Kalau masing-masing profesional, mudah-mudahan tidak meruncing. Semua kembali ke pribadi masing-masing,” jelasnya. (rmol)