Gagal Juara Nets Dilego?

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU- Gagal mengejar juara NBA sampai lima musim, Mikhail Prokhorov sebagai pemilik Brooklyn Nets kabarnya bakal menjyal timnya. Sejumlah kabar menyebutkan, miliarder Rusia itu telah meminta Evercore Partners menjual saham mayoritas yang dibelinya Mei 2010 dengan harga USD 233 juta.

Seorang sumber, kepada Bloomberg News membenarkan bahwa Evercore segera berburu pembeli potensial sampai akhir bulan ini. Sumber itu juga membocorkan informasi kepada Bleacher Report bahwa faktor krisis ekonomi di Rusia menjadi salah satu faktor mengapa Prokhorov memutuskan untuk melempar handuk putih.

Ofisial Nets membantah laporan Bloomberg News tersebut. Mereka mengatakan bahwa kepemilikan saham milik Nets tetap menjanjikan keuntungan. ESPN yang mecoba mengklarifikasi pada CEO Nets Brett Yormark, general manajer Billy King, dan executive vice president Barry Baum, semuanya menampik laporan Bloomberg tersebut.

“Seperti yang kami utarakan sejak berbulan-bulan lalu, pemilik tim selalu terbuka pada segala penawaran. Ini adalah bisnis yang potensial,” seorang wakil Prokhorov dalam sebuah pernyataan resmi. “Tidak ada penjualan saham apapun di tim dalam waktu dekat,” katanya.


Status Prokhorov sebagai pemilik didapatnya karena kerelaan besarnya untuk mengeluarkan dana tak terbatas demi merengkuh juara NBA. Dia menargetkan gelar juara dalam lima musim. Tapi sumber seorang sumber kepada ESPN mengungkapkan bahwa miliarder Rusia sudah tidak terlalu tertarik dengan performa tim di lapangan dan kerugian finansial.

Kerugian finansial mencapai USD 144 juta (Rp 1,8 triliun) sudah diderita Nets sampai musim 2013-2014. Angka tersebut lebih besar USD 131 juta (Rp 1,6 triliun) dari tim yang juga mengalami kerugian terbesar besar kedua di NBA, versi Grantland.com. Saham Prokhorov termasuk 80 persen di tim dan 45 persen di Barclays Center, kandang Nets. Saat membeli tim yang berlaga di Divisi Atlantik tersebut, dia setuju membayar 80 persen utang tim sebesar USD 220 juta (Rp 22,7 triliun). (cak)