Menteri Susi, Kapal-Kapal Tamak Tak Lagi Gentayangan

POJOKSATU – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti meminta Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) untuk selalu menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan laut nasional dari para pelaku illegal fishing.

Hal itu disampaikan Susi Pudjiastuti usai menghadiri rapat koordinasi Nakhoda dan Perwira Kapal Pengawas Perikanan di kantornya, Jalan Merdeka Timur, Jakarta, Senin (13/1).

“Saya minta PSDKP menjadi pengaman pertama dalam menjaga kekayaan di laut,” pinta Susi.

Keberhasilan PSDKP kata Susi, dapat dilihat dari jumlah kapal yang berada di laut Indonesia yang sudah berkurang jumlahnya dibandingkan belum sebelumnya.


Begitu dirinya menerapkan kebijakan anti illegal fishing dan bongkar muat di tengah laut, Susi mengklaim jumlah kapal yang bersliweran di laut berkurang.

Susi juga mengaku tidak menyangka, kapal-kapal besar milik pencuri ikan yang disebutnya tamak, juga sudah tidak ada di laut Indonesia.

“Manusia yang kapal besar tamak takut juga. Jadi kalau kita lihat ke sana kan luar biasa (sudah tidak ada). Aneh bin ajaib karena kita jagain sekarang,” katanya. (chi/jpnn)