Tips Segarkan Tubuh Ketika Bangun Tidur

Bangun tidur. Getty Images
Bangun tidur. Getty Images

 

POJOKSATU – Sebagian orang yang harus beraktivitas di pagi hari, seringkali masih merasa ngantuk dan masih ingin tidur. Apakah Anda salah satunya?

Tahukah anda kalau mood yang anda rasakan sejak bangun tidur akan mempengaruhi mood anda seharian? Misalkan, anda bangun karena bunyi alarm yang sudah anda snooze berulang-ulang dan ternyata anda sudah sangat terlambat maka anda akan bangun dengan terpaksa dan tergesa-gesa. Mood anda yang jelek saat bangun pagi ini akan mempengaruhi emosi anda seharian dan membuat anda menjadi lebih sering marah.

Jika anda tak ingin membuat hari anda dipengaruhi emosi yang membuat anda mudah marah, maka anda harus selalu bangun pagi dengan keadaan yang senang dan tidak terburu-buru.


Namun anda tak perlu khawatir, karena ada beberapa tips yang bisa anda terapkan setelah bangun pagi, agar anda memiliki mood yang bagus seharian.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan setelah bangun pagi agar fikiran fresh, mood baik, dan tentunya siap untuk beraktivitas.

1. Tersenyum Tersenyum sesaat ketika anda bangun di pagi hari, akan membantu diri merasa fresh ketika bangun tidur karena mampu memberikan sugesti energi tambahan pada diri sendiri.

2. Meregangkan Badan Setelah bangun, lakukanlah peregangan ringan seperti gerakan yoga atau sekedar memutar tubuh anda ke kanan dan ke kiri. Gerakan ini akan membantu tubuh anda mengumpulkan dan energi dan membuat pikiran anda lebih fokus yang mampu melenyapkan rasa melayang ketika bangun pagi. Selain itu, tubuh akan memproduksi hormon endorphin yang membuat Anda merasa lebih senang dan bahagia ketika bangun tidur.

3. Membuka Jendela Kamar dan Membiarkan Sinar Matahari Masuk Bukalah jendela atau biarkan sinar matahari pagi menerangi kamar anda, dan membiarkan udara pagi masuk. Hal ini dilakukan agar udara yang masuk dan anda hirup bisa membuat pikiran anda fresh dan sinar matahari yang masuk membuat anda berenergi untuk siap memulai aktifitas. Pikiran akan membuat respon lebih terhadap cahaya matahari pagi dan udara segar yang bisa menjauhkan anda dari keinginan untuk tidur kembali.

4. Minum air putih Ternyata ketika anda tidur, tubuh menggunakan simpanan air yang terkandung di dalam tubuh untuk proses metabolisme, sehingga menyebabkan anda kehilangan banyak cairan saat bangun. Air putih yang anda konsumsi juga dapat membantu menstimulasi sistem saraf dan pencernaan anda. Minumlah segelas air putih ketika anda bangun tidur, agar membantu menyegarkan tubuh dan membuat anda siap untuk beraktivitas.

5. Segera Mandi Mandi air dingin setelah bangun tidur akan membangunkan sistem syaraf anda dan membantu menyadarkan anda. Usai mandi, biasanya sudah tidak ada lagi rasa mengantuk dan malas karena pikiran dan tubuh anda sudah benar-benar bangun.

6. Sarapan Pagi Setelah berpuasa sepanjang malam, tubuh memerlukan energi untuk beraktivitas. Makan pagi untuk memulai proses metabolisme tubuh dan membangun energi baru bagi tubuh. Makan makanan yang sehat pada pagi hari dengan karbohidrat komplek seperti gandum, akan sangat baik untuk meningkatkan energi selama beraktivitas seharian.

7. Tarif Nafas dan Tenang Berilah sejenak waktu untuk anda bernafas dalam-dalam agar menenangkan tubuh dan pikiran. Awali hari anda dengan tenang agar segala aktivitas sesuai dengan mood baik anda. (zul)