Hercules Terbangkan 4 Jenazah ke Surabaya

Breaking_NewsPOJOKSATU – Empat jenazah korban AirAsia QZ 8591 telah diberangkatkan dari dari RS Sultan Imanudin, Pangkalan Bun menuju Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Selanjutnya, keempat jenazah tersebut diterbangkan ke Sura‎baya, Kamis (1/1/2015).

Ke-empat jenazah tersebut diturunkan pukul 10:05 WIB dari 4 ambulans yang berangkat dari RSUD Sultan Imanuddin. Jenazah berada dalam kotak peti putih yang sudah diberi nomor.

Tampak tertera tulisan nomor 004, 003, 005, dan peti nomor 006. Pesawat digotong oleh beberapa pasukan TNI AD, Basarnas dan TNI AU menuju pesawat Hercules yang sudah terparkir di landasan udara. Jenazah kemudian diterbangkan ke Bandara Juanda Surabaya pukul 10:30.

Keempat jenazah itu adalah dua jenazah yang ditemukan tadi malam dan dibawa melalui ‎pelabuhan Kumai. Dua jenazah lagi diturunkan tadi pagi dari helikopter bell.


Direktur RSUD Imanuddin Suyuti Syamsul mengatakan, pihaknya telah menerima enam jenazah. Dua di antaranya telah dibawa ke Surabaya, Jawa Timur, Rabu (31/12/2014) kemarin, sedangkan empat jenazah lainnya baru saja diberangkatkan ke Landasan Udara Iskandar, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, untuk diterbangkan ke Surabaya dengan menggunakan pesawat Hercules C-130.

Suyuti menambahkan, pihaknya hanya melakukan proses identifikasi standar dengan mengecek hal-hal yang menonjol yang terdapat pada tubuh jenazah. “Seperti mengukur tinggi badan, identifikasi ciri meninjol, dan jenis kelamin, jadi hal yang sangat umum,” katanya. (one)