Tradisi Unik Tahun Baru di 10 Negara

Wargai Brazail ramai-ramai memakai baju putih sambil berdoa sebelum loncat ke laut
Wargai Brazail ramai-ramai memakai baju putih sambil berdoa sebelum loncat ke laut
Wargai Brazail ramai-ramai memakai baju putih sambil berdoa sebelum loncat ke laut

POJOKSATU – Selalu ada tradisi untuk merayakan malam tahun baru. Ada yang cukup menyalakan kembang api atau meniup terompet panjang.

Di Cina, tradisi menyalakan kembang api pada malam pergantian tahun dianggap akan menakuti roh jahat agar pada tahun berikutnya kehidupan mereka lebih baik.

Bagaimana dengan negara lain? Ini tradisi unik tahun baru di 10 negara yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber:

1. Spanyol
Ada sebuah adat di Spanyol saat malam tahun baru, yakni makan cepat 12 buah anggur. Di Madrid, Barcelona, dan kota-kota Spanyol lainnya para warga bersuka ria berkumpul di lapangan utama untuk melahap anggur mereka bersama-sama.


2. Filipina
Pada malam tahun baru, banyak keluarga di Filipina menyajikan buah berbentuk bulat di meja makan. Lantas mereka makan buah 12 biji saat pergantian tahun. Saat perayaan itu, mereka juga memakai pakaian kostum bintik-bintik yang mitosnya sebagai keberuntungan tahun depan.

3. Belarusia
Ada game seru untuk setiap wanita yang masih jomblo di negara ini. Caranya, menumpukan jagung di depan wanita yang jomblo itu dan melepas sejumlah ayam ke arah. Tumpukan jagung yang dimakan adalah tanda wanita yang akan pertama menikah di tahun depan.

Sementara bagi wanita yang sudah menikah, mereka menyembunyikan barang-barangnya di sekitar rumah untuk teman-temannya yang jomblo. Bagi mereka yang menemukan roti maka dianggap akan menikahi seorang suami kaya dan bagi yang menemukan cincin akan menikah dengan pria tampan.

4. Denmark
Tepat pukul 00:00, banyak anak-anak di Denmark berdiri serentak dan melompat bersama. Dalam anggapan mereka ini untuk mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan.

5. Estonia
Penduduk di negara ini pasti makan tujuh kali jelang malam tahun baru untuk memastikan makanan berlimpah pada tahun mendatang. Bahkan, jika seorang pria bisa makan sampai tujuh kali maka dia punya kekuatan tujuh orang.

6. Kolombia
Warga di sini akan menenteng koper kosong di luar rumah. Ada kepercayaan, jika menenteng koper kosong dan berjalan-jalan di lingkungan rumah  pada  malam tahun baru,  setahun berikutnya  akan lebih banyak berpergian ke luar kota atau ke luar negeri.

7. Rusia
Sebagian penduduk di Rusia akan menuliskan harapan di secarik kertas dan minum. Mereka percaya  jika menuliskan harapan tahun baru di secarik kertas, lalu membakar kertas itu dan memasukannya ke dalam segelas sampanye maka harapan-harapan itu terkabulkan.

8. Brazil
Warga Brazil akan memakai baju putih dan melompati ombak. Mereka percaya jika memakai baju putih di tahun baru akan menjauhkan si pemakainya dari kekuatan roh jahat. Jika berada di pantai,  warga Brazil  beramai-ramai melompati ombak sebanyak 7 kali untuk mendatangkan keberuntungan.
    
9. Argentina
Memakai celana dalam merah mudakarena mereka percaya jika perempuan yang memakai pakaian dalam, terutama berwarna pink pada malam pergantian tahun akan lebih mudah mendapatkan jodoh dan membuat si pemakainya lebih menarik di tahun yang baru.

10. Meksiko
Nah, jika di Meksiko celana wajib yang mereka pakai pada malam tahun baru adalah celana dalam kuning. Jika memakai pakaian dalam  warna kuning pada malam tahun baru maka akan mendatangkan keberuntungan berupa kemudahan rezeki dan uang yang melimpah pada untuk setahun ke depan.