Tiga Negara Ikut Cari Kota Hitam AirAsia

Breaking_NewsPOJOKSATU – Puluhan jenazah penumpang AirAsia QZ8501 sudah ditemukan dan dievakuasi, tetapi kotak hitam pesawat hingga kini belum terlacak.

Sejumlah negara di dunia menawarkan bantuan kepada Indonesia untuk ikut mencari kotak hitam tersebut, di antaranya Inggris, Singapura, dan Perancis.

“Kita akan kirim tim ke Pangkalan Bun dan Tanjung Pandan. Tim yang ke Tanjung Pandan terdiri dari KNKT, KNKT Singapura, KNKT inggris Air Incident Investigation Branch (AAIB), sama KNKT Perancis,” ujar Kepala KNKT Tatang Kurniadi.

Tim yang akan mencari blackbox di kawasan Pangkalan Bun terdiri dari satu dokter dan satu pihak dari Airbus. Airbus memang telah berkomitmen membantu KNKT mencari keberadaan blackbox. “Mereka akan melakukan identifikasi, terutama pesawatnya,” ujar Tatang.


Saat ini, kotak hitam diduga masih ada di dalam badan pesawat. “Kita hanya konsen mengamankan flight recorder yang diduga masih berada di bagian pesawat. tambahnya.

Ia menjelaskan teknis pengamanan kotak hitam pesawat nahas yang jatuh di sekitar perairan Pangkalan Bun. Ketika kotak hitam sudah ditemukan, tim akan membawa KNKT ke lokasi. “Nanti mereka bekerja, mereka akan memperlakukan berdasarkan standar KNKT,” lanjutnya. (one)