Badan Pesawat AirAsia belum Ditemukan

Pesawat AirAsia. Foto: Int
Pesawat AirAsia. Foto: Int
Pesawat AirAsia. Foto: Int

POJOKSATU – Badan pesawat AirAsia yang jatuh di perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah hingga kini belum ditemukan. Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI F Henry Bambang Soelistyo mengatakan, tim gabungan masih fokus mengevakuasi korban. “Belum ada ya. Baru serpihan-serpihan yang kemarin ditemukan,” kata Soelistyo, Rabu (31/12/2014).

Ia menambahkan, hingga saat ini cuaca buruk menjadi kendala utama proses pencarian penumpang dan badan pesawat AirAsia QZ8501. Ombak di titik penemuan serpihan pesawat, mencapai 2-3 meter. Selain itu, uujan deras juga terus mengguyur di lokasi pencarian.
“Sekarang ini wait and see. Karena gelombang tinggi dan hujan, tim belum bisa bergerak,” tambahnya.

Menurut Soelistyo, jika cuaca sudah kembali normal, tim akan kembali melanjutkan proses dengan menurunkan tim penyelam untuk mencari jenazah ataupun badan pesawat hingga ke dasar laut yang diperkirakan memiliki kedalaman 30 meter tersebut.

Selain itu, kapal milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) juga diturunkan untuk mencari badan pesawat yang diduga berada di dasar laut. “Kapal tersebut memiliki alat searching object under water,” kata Soelistyo.


Hingga siang ini, tim gabungan telah mengevakuasi tujuh jenazah. Ketujuh jenazah tersebut dibawa ke Pangkalan Bun sebelum diterbangkan ke Surabaya. (one)