UPDATE: Basarnas Isyaratkan Evakuasi Jenazah Malam Hari

KRI Bung Tomo. Foto: dok.JPNN
KRI Bung Tomo. Foto: dok.JPNN
KRI Bung Tomo. Foto: dok.JPNN

POJOKSATU – Basarnas kemungkinan akan tetap melakukan evakuasi jenazah yang terapung di laut, malam ini. Pasalnya, dari 9 jenazah yang ditemukan tadi siang, baru 2 yang berhasil dievakuasi.

Selain melakukan evakuasi, Basarnas juga bakal terus melakukan pencarian badan pesawat di sekitar lokasi penemuan mayat. “Kalau nanti malam tinggi gelombang mereda, malam pun kalau mungkin evakuasi, saya perintahkan evakuasi,” ujar Kepala Basarnas FHB Soelistyo dalam jumpa pers di Kantor Pusat Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (29/12/2014) malam.

Soelistyo mengatakan tinggi gelombang malam ini mencapai 3 meter sehingga mengganggu operasi pencarian dan evakuasi yang sudah berlangsung sejak siang tadi. Dia juga memberi catatan, operasi evakuasi itu dapat dilakukan dengan fasilitas lampu-lampu dan sistem di kapal yang memadai.

Soelistyo juga mengatakan kapal dari BPPT Baruna Jaya dan Asosiasi Survei Indonesia malam ini diberangkatkan dengan tujuan mencari sebagian besar badan pesawat di dasar laut.


“Diharapkan besok siang pukul 10.00 WIB mereka sudah sampai di lokasi dan akan melakukan evakuasi. Jadi sebagian unsur melakukan evakusi, sebagian unsur melakukan pencarian titik sebagian besar pesawat di dasar,” jelasnya. (one)