Lokasi Perayaan Tahun Baru di Semarang

Perayaan tahun baru di lapangan Pancasila
Perayaan tahun baru di lapangan Pancasila
Perayaan tahun baru akan dipusatkan di Lapangan Pancasila

POJOKSATU – Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang yang biasanya sebagai pusat perayaan malam tahun baru tidak dapat digunakan pada malam tahun baru ini. Meski lapangan yang gundul itu kini sudah kembali hijau, masyarakat belum diperkenankan menggelar kegiatan di atas rumput. Beberapa MMT kecil warna merah beruliskan ‘Lapangan Dalam Renovasi’ menjadi penanda tempat favorit warga Semarang tersebut belum bisa digunakan. Oleh sebab itu pada peringatan malam tahun baru 2015, tidak diperkenankan menggelar acara di sana.

Namun, Pemkot Semarang memindahan pusat perayaan dan pesta Tahun Baru 2015. Kegiatan yang biasanya terpusat di lapangan Simpanglima, kini akan diselenggarakan di Taman Nol Kilometer Kota Semarang (Depan Kantor Pos Besar, Johar). Kegiatan memperingati pergantian tahun itu sendiri akan dilaksanakan selama dua hari, 30-31 Desember 2014.

Event tersebut dimulai pukul 10.00 hingga selesai. Khusus untuk malam tahun baru event dimulai pukul 19.00 hingga pukul 01.00. Penyajiannya dengan suasana berbeda dan mengusung tema Cofee New Year Van Java. Dimulai hari pertama (30/12) disuguhkan exhibition booths, Performance Act dan Music Lounge. Hari kedua disuguhkan pula lounge music dari berbagai genre musik yang tersebar di area heritage, dilanjutkan dengan New Year Count Down dan atraksi Fire Works.

Titik kemeriahan malam tahun di kawasan Candi Gedongsongo, obyek wisata Bandungan, Kopeng, dan Lapangan Bung Karno. Lokasi ini akan menjadi perhatian pengamanan Natal dan Tahun baru nanti.


Sementara Polrestabes Semarang akan memberlakukan perubahan rute arus kendaran di kawasan Jatingaleh dan Gombel pada malam pergantian tahun 31 Desember 2014.

Selepas pukul 00.00, mengingat, diperkirakan akan terjadi luapan arus balik ke Semarang, maka jalur Gombel Baru akan ditutup untuk semua kendaraan roda empat, terutama yang menuju ke selatan. Sebagai gantinya semua mobil diwajibkan masuk ke jalan tol melalui Jatingaleh. (PS)