Inilah Aceh saat Tsunami dan saat Sekarang

POJOKSATU – Tragedi Aceh berlalu 10 tahun,  kini Aceh telah berubah dan berbenah. Kawasan yang dulu porak-poranda sudah ditata. Rumah-rumah dibangun, fasilitas umum didirikan dan warga sudah beraktivitas seperti biasa.

Berikut beberapa foto kondisi Aceh saat tsunami 2004 dan Aceh saat ini:

1. Masjid

Masjid di Lampuuk, Banda Aceh, bertahan di tengah kehancuran akibat tsunami. Saat itu, rumah dan bangunan di sekitar masjid rata dengan tanah dan berwarna cokelat. Kini di samping masjid sudah dibangun kembali rumah penduduk dan pohon tinggi menjulang. Pantai pun tidak bisa dilihat langsung karena tertutup pohon dan perumahan.


Masjid

2. Pantai

Tsunami besar yang menerjang Aceh membuat kawasan pantai di daerah itu porak-poranda. Kawasan pantai terlihat berwarna cokelat dan bangunan rata dengan tanah. Kini, di kawasan pantai sudah terlihat pepohonan hijau tinggi menjulang dan rumah-rumah berdiri tegak di kawasan tersebut.

2-aceh

3. Jalan Raya

Proses relokasi dan pembangunan kembali kawasan tsunami di Indonesia dikoordinir oleh Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) NAD-Nias. Mereka membangun rumah untuk para korban. Fasilitas umum seperti jalan raya juga dibangun.

4-aceh 4

4. Sawah dan Pegunungan

Banda Aceh menderita kerusakan berat akibat tsunami dengan korban 200.000 orang tewas. Hampir semua kawasan rata dengan tanah. Kini Aceh terlihat hijau dengan tumbuhan dan pegunungannya.

3-aceh sawah

 

5. Pasar

Meulaboh di pantai Barat Aceh juga tak luput dari hantaman tsunami. Puing-puing berserakan di pinggir jalan dan semua rata dengan tanah. 10 tahun berlalu pusat kota sudah kembali normal. Aktivitas ekonomi juga sudah berjalan seperti biasa.

5-aceh 5

 

6. Perumahan

Gempa bumi berkekuatan 9 skala richter menghantam Indonesia dan beberapa negara lain. Kawasan pemukiman di Banda Aceh yang hancur karena tsunami sudah dibangun kembali. Rumah-rumah sudah ditatar rapi dan terlihat berdiri kokoh. (one/BBC Indonesia)

1 aceh

 

Lihat: Video Tsunami Aceh