Ini Kegiatan 10 Tahun Tsunami Aceh

POJOKSATU- Apa yang bakal dilakukan pada peringatan 10 tahun tsunami Aceh? Ketua Panitia 10 Tahun Tsunami, Azhari Hasan menjelaskan rangkaian kegiatan peringatan sedekade tsunami dimulai 25 Desember dan berakhir 28 Desember 2014.

“Kita sudah siapkan sangat baik,” katanya di Banda Aceh kepada Rakyat Aceh (Pojoksatu.Id Grup).

Zikir, doa bersama serta tausyiah akan mengawali kegiatan peringatan 10 tahun Tsunami Aceh pada 25 Desember malam. Ustad Syech Ali Jaber akan memimpin kegiatan ini di Masjid Raya Baiturrahman.

Hari puncak refleksi 10 tahun tsunami atau pada 26 Desember digelar di Lapangan Blang Padang atau Taman Thanksto the World. Upacara dipimpin Wakil Presiden dihadiri 5 ribu undangan termasuk perwakilan 35 negara serta 35 lembaga international yang pernah membantu Aceh saat Tsunami.


Acara dilanjutkan pemberian penghargaan kepada negara dan lembaga donor yang telah membantu Aceh dalam makan siang bersama para tamu negara.

Selain itu juga digelar pameran kebencaan dan seni kreatif di Blang Padang, serta pameran fotografi di Museum Tsunami hingga 27 Desember. Ada juga pemutaran film documenter Tsunami di Gedung Sultan Selim.

Pada malam harinya di Lapangan Blang Padang digelar Malam Kesenian dan Apresiasi Aceh untuk Dunia. Kegiatan akan menyuguhkan 32 penampilan diantaranya teater, musik dan tarian kolosal yang menggambarkan terima kasih Aceh kepada dunia. 500 rapa’i dan penari seudati akan menyerahkan ‘buah tangan’ sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat International.

Selain seniman lokal dan nasional, acara juga diisi oleh group seni dari luar negeri diantaranya group musik asal Jepang KURI, Rikkyo University, LCO, Plan International, SOS, dan Houkiboshi.

Minggu pagi 28 Desember, rangkaian kegiatan ditutup dengan lomba marathon 10 Kilometer dengan mengambil rute jalur-jalur evakuasi tsunami mulai dari Blang Padang-Ulee Lheu-Simpang Dodik-Jalan Teuku Umar-TamanSari dan finish di Blang Padang. Hingga kini sudah 3.000 peserta mendaftar untuk ikut kegiatan ini. (ps/ra)

Kegiatan Aceh