Musim Hujan di Penghujung Tahun, Ini 7 Tempat Paling Aman untuk Menghindari Petir

ilustrasi petir

POJOKSATU.id, JAKARTA- Hujan di penghujung tahun 2022, musim hujan kini tengah melanda disebagian Indonesia terlebih Jakarta dan Jawa Barat. Hujan terkadang disertai petir dan angin kencang pun tidak bisa terhindari.


Masyarakat diminta waspada, meskipun sedang berada di dalam rumah ternyata tidak menjamin terhindar dari petir dan angin kencang.

Untuk itu masyarakat harus memahami agar bisa menghindari petir masuk ke rumah.

Menurut Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Farida Asriani, S.Si., M.T. mengingatkan masyarakat untuk tidak berteduh di bawah pohon saat terjadi hujan disertai angin dan petir guna menghindari sambaran.


“Ketika turun hujan disertai angin dan petir, masyarakat harus segera masuk ruangan, jangan berteduh di bawah pohon, jangan berada di tanah lapang dan hindari berada di kolam renang,” katanya seperti dikutip.

Ketua Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Unsoed tersebut menjelaskan, pohon merupakan salah satu penghantar listrik.

“Pohon itu penghantar listrik, jika pohon itu lebih tinggi dari bangunan atau benda lain di sekitarnya maka dia yang akan menjadi sasaran sambaran, karena itu pernah ada kejadian di mana orang berteduh di bawah pohon di pinggir lapangan atau di alun-alun terkena sambaran petir. Karena di sekitar lapangan yang paling tinggi ya pohon,” katanya.

BMKG memberikan beberapa cara untuk berlindung dari petir, simak yah:

1. Hindari berlindung di bawah pohon saat hujan. Pohon yang tersambar petir, energinya dapat melompat ke tubuh.

2. Jauhi Menara, tiang listrik, atau sesuatu yang tinggi yang mudah tersambar petir.

3. Apabila sedang mengendarai motor, segeralah berhenti dan cari tempat untuk berlindung.

4. Apabila berada di kolam renang, segera naik dan menjauh. Petir dapat menghantarkan energi ke air.

5. Apabila mendengar suara guntur, segera masuk ke dalam ruangan atau mobil jika sedang berada di luar ruangan.

6. Jangan berada di lapangan, sawah atau taman. Petir mencari tanah untuk melepaskan energinya.

7. Apabila sedang berteduh di luar ruangan, atur jarak 3 hingga 5 meter dengan orang lain agar terhindar dari lontaran energi saat ada petir.